PENGEMBANGAN MODEL DETEKSI KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN BERBASIS FRAUD PENTAGON DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA (STUDI EMPIRIS PADA BUMN TAHUN 2018 s.d 2021)

NURHAKIM, Agus Lukman and HARTO, Puji,(7 June 2023), PENGEMBANGAN MODEL DETEKSI KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN BERBASIS FRAUD PENTAGON DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA (STUDI EMPIRIS PADA BUMN TAHUN 2018 s.d 2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (18kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (314kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (168kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kecurangan laporan keuangan khususnya pada perusahaan BUMN merupakan tindak pidana korupsi dengan tingkat kerugian keuangan yang sangat besar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh unsur-unsur dalam teori fraud pentagon terhadap kemungkinan terjadinya kecurangan laporan keuangan pada perusahaan BUMN dan pengaruh kemungkinan terjadinya kecurangan laporan keuangan terhadap kinerja BUMN. Unsur tekanan diukur menggunakan stabilitas keuangan, target keuangan dan tekanan eksternal, unsur rasionalisasi menggunakan koneksi politik dan penggantian auditor, unsur kesempatan menggunakan efektifitas pengawasan, unsur kapabilitas mrnggunakan penggantian direksi dan unsur arogansi dengan narsisme CEO. Kinerja BUMN diukur menggunakan skor tingkat kesehatan BUMN. Sampel penelitian ini adalah 62 perusahaan BUMN dari tahun 2018 sampai dengan 2021 dengan 216 observasi yang laporan keuangannya tersedia dan dapat diakses. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi data panel. Hasil penelitian pada model pertama menunjukkan tekanan eksternal dan target keuangan berpengaruh signifikan pada kemungkinan terjadi kecurangan laporan keuangan, sedangkan pada model kedua kemungkinan terjadinya kecurangan laporan keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja BUMN, dari hasil penelitian ini pencegahan kecurangan harus fokus pada mengurangi tekanan yang disebabkan dua variabel yang signifikan yaitu tekanan eksternal dan target keuangan.
Keywords : Fraud pentagon; SOEs; fraudulent financial statement; performance., fraud pentagon; BUMN; kecurangan laporan keuangan; kinerja.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Agus Lukman Nurhakim
Date Deposited: 20 Jun 2023 04:17
Last Modified: 20 Jun 2023 06:31
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12650

Actions (login required)

View Item
View Item