PENGARUH AUDIT TENURE, REPUTASI KAP, AUDIT DELAY, DAN OPINI AUDIT TAHUN SEBELUMNYA TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020 – 2021)

DAMOR, Moratulus Gregorius and LAKSITO, Herry,(6 June 2023), PENGARUH AUDIT TENURE, REPUTASI KAP, AUDIT DELAY, DAN OPINI AUDIT TAHUN SEBELUMNYA TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020 – 2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstract Inggris] Text (Abstract Inggris) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak Indonesia] Text (Abstrak Indonesia) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmark] Text (Fulltext PDF Bookmark)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh audit tenure, reputasi KAP, audit delay, dan opini audit tahun sebelumnya terhadap opini audit going concern pada perusahaan pertambangan. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan audit tenure, reputasi KAP, audit delay, dan opini tahun sebelumnya sebagai variabel independen, serta opini audit going concern sebagai variabel dependen. Sampel yang diuji dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2021. Perolehan sampel menggunakan purposive samplig sebagai metode pengambilan sampling yang didasari kriteria-kriteria tertentu. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik dengan software SPSS versi 25 sebagai aplikasi pembantu. Penelitian yang dilakukan memperoleh hasil yang menunjukan bahwa audit tenure memiliki pengaruh negatif tapi tidak signifikan terhadap opini audit going concern. Reputasi KAP memiliki pengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap opini audit going concern. Audit delay memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap opini audit going concern. Opini audit tahun sebelumnya memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap opini audit going concern.
Keywords : Audit tenure, KAP reputation, audit delay, previous year's audit opinion, going concern audit opinion., Audit tenure, reputasi KAP, audit delay, opini audit tahun sebelumnya, opini audit going concern.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Moratulus Gregorius Damor
Date Deposited: 21 Jun 2023 03:41
Last Modified: 21 Jun 2023 03:41
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12657

Actions (login required)

View Item
View Item