ANALISIS PENGARUH PENDAYAGUNAAN ZAKAT PRODUKTIF DALAM MENGURANGI KEMISKINAN MUSTAHIK MELALUI MODEL CIBEST (STUDI PADA BAZNAS KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2020)

AZIZAH, Lili Nur and MAS'UD, Fuad,(9 March 2023), ANALISIS PENGARUH PENDAYAGUNAAN ZAKAT PRODUKTIF DALAM MENGURANGI KEMISKINAN MUSTAHIK MELALUI MODEL CIBEST (STUDI PADA BAZNAS KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2020). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of fulltext PDF Bookmarks] Text (fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu masalah utama yang dihadapi oleh bangsa Indonesia hingga saat ini ialah masalah kemiskinan. Islam memiliki instrumen yang dipercaya mampu untuk membantu mengurangi masalah kemiskinan yaitu zakat. Tujuan dari penelitian ini ialah menganalisis pengaruh pendayagunaan zakat produktif dalam mengurangi kemiskinan mustahik yang dilakukan oleh BAZNAS Kabupaten Banyumas, guna mengetahui perbedaan kondisi kemiskinan material dan kemiskinan spiritual mustahik sebelum dan sesudah menerima bantuan dana zakat produktif tersebut. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui metode wawancara yang dilakukan kepada pihak BAZNAS Kabupaten Banyumas, pengisian kuesioner oleh mustahik dan studi dokumentasi yang berhubungsn untuk mendapatkan informasi penelitian. Penelitian ini menggunakan metode analisis data berupa metode kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif dan analisis data berupa analisis model CIBEST, uji pairet T-Test, dan uji instrumen yang meliputi uji validitas dan uji reliabilitas yang diolah menggunakan program SPSS ver. 25. Objek pada penelitian ini diambil dari seluruh jumlah populasi, yaitu sebanyak 40 mustahik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya pendayagunaan zakat produktif oleh BAZNAS Kabupaten Banyumas mampu membantu mengurangi jumlah kemiskinan mustahik. Hasil analisis model CIBEST menunjukkan jika adanya pendayagunaan zakat produktif mampu mengurangi kemiskinan material dan kemiskinan spiritual mustahik. Untuk hasil analisis uji paired T-Test menunjukkan adanya perubahan positif pada kemiskinan material dan kemiskinan spiritual, sebelum dan sesudah menerima bantuan dana zakat produktif tersebut.
Keywords : Productive Zakat, Poverty, CIBEST Model, BAZNAS, Kemiskinan, Zakat Produktif, Model CIBEST, BAZNAS
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Lili Nur Azizah
Date Deposited: 21 Jun 2023 04:26
Last Modified: 21 Jun 2023 04:28
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12658

Actions (login required)

View Item
View Item