PENGARUH SOCIAL MEDIA INFLUENCER TERHADAP BRAND IMAGE, SELF CONCEPT, DAN PURCHASE DECISION (Survei Online pada Merek Pakaian Erigo di Kota Semarang)

ANDISARPUTRA, Jhosua Sabathino Ennos and INDRIANI, Farida,(29 May 2023), PENGARUH SOCIAL MEDIA INFLUENCER TERHADAP BRAND IMAGE, SELF CONCEPT, DAN PURCHASE DECISION (Survei Online pada Merek Pakaian Erigo di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (42kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (146kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (146kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (171kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (379kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana social media influencer mempengaruhi citra merek, konsep diri dan keputusan pembelian pada merek pakaian Erigo. Social media influencer merupakan individu dengan jumlah pengikut banyak atau signifikan, dan bersemangat di media sosial serta memiliki kemampuan untuk mempengaruhi pemikiran, sikap, dan perilaku pengikutnya. Rekomendasi produk dari social media influencer dapat mempengaruhi opini konsumen. Konsumen yang merasakan konsep diri yang sama dengan social media influencer akan cenderung menjadikannya sebagai panutan dalam mengkonsumsi suatu produk. Peningkatan konsep diri konsumen dan citra merek di benak konsumen diduga dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey dengan kuisioner Google Form kepada masyarakat Kota Semarang yang mengetahui merek pakaian Erigo. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square) melalui software SmartPLS. Selain itu, untuk menguji hipotesis keenam dan ketujuh dilakukan uji Sobel untuk menguji hubungan variabel intervening yang ada dalam hipotesis tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa social media influencer berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, citra merek dan konsep diri. Selanjutnya konsep diri berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, namun citra merek tidak berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Selain itu social media influencer berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian melalui konsep diri, namun berpengaruh negatif melalui citra merek. Hal ini dilihat pada studi kasus merek pakaian Erigo.
Keywords : Social Media Influencer, Brand Image, Self Concept, Purchase Decision, Social Media Influencer, Citra Merek, Konsep Diri, Keputusan Pembelian.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Jhosua Sabathino Ennos Andisarputra
Date Deposited: 22 Jun 2023 07:54
Last Modified: 12 Jul 2023 04:40
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12674

Actions (login required)

View Item
View Item