PENGARUH KEPEMIMPINAN ISLAMI, BUDAYA ORGANISASI ISLAM, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PERAWAT (Studi pada Rumah Sakit PKU ‘Aisyiyah Kabupaten Boyolali)

SALMA, Hana Farida and MAS'UD, Fuad,(6 April 2023), PENGARUH KEPEMIMPINAN ISLAMI, BUDAYA ORGANISASI ISLAM, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PERAWAT (Studi pada Rumah Sakit PKU ‘Aisyiyah Kabupaten Boyolali). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (123kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (173kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (144kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (158kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (200kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perawat adalah bagian dari tenaga kesehatan dan kuantitasnya mendominasi dalam segi sumber daya manusia di rumah sakit. Kinerja dari perawat perlu untuk diperhatikan sebab perawat yang paling berkaitan erat dan secara langsung berhubungan dengan pasien sebagai objek utama operasional rumah sakit. Rumah Sakit PKU ‘Aisyiyah Kabupaten Boyolali sebagai salah satu rumah sakit besar yang berupaya memberikan fasilitas kesehatan prima bagi pasien juga tidak terlepas dari peran kinerja perawat. Kinerja perawat yang unggul turut berdampak pada peningkatan kinerja rumah sakit dan pelayanan terbaik secara profesional kepada pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan islami, budaya organisasi islam, dan kepuasan kerja terhadap kinerja perawat Rumah Sakit PKU ‘Aisyiyah Kabupaten Boyolali. Pengumpulan data penelitian ini melalui kuesioner dengan responden sebanyak 96 dan metode sensus. Pengujian dan analisis data yang digunakan adalah linier berganda menggunakan Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 25 dengan teknik pengukuran skala likert 1-7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan islami, budaya organisasi islam, dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perawat di Rumah Sakit PKU ‘Aisyiyah Kabupaten Boyolali baik secara parsial maupun simultan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 64,7%. Kata Kunci: Perawat, Kepemimpinan Islami, Budaya Organisasi Islam, Kepuasan Kerja, Kinerja Perawat, Rumah Sakit Boyolali.
Keywords : Nurses, Islamic Leadership, Islamic Organizational Culture, Job Satisfaction, Nurse Performance, Boyolali Hospital., Perawat, Kepemimpinan Islami, Budaya Organisasi Islam, Kepuasan Kerja, Kinerja Perawat, Rumah Sakit Boyolali.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Hana Farida Salma
Date Deposited: 23 Jun 2023 03:18
Last Modified: 13 Jul 2023 07:09
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12675

Actions (login required)

View Item
View Item