THE INFLUENCE OF REPUTATION, PERCEIVED VALUE, AND E-WOM TOWARD PURCHASE DECISION THROUGH TRUST OF AIRBNB

NABILLAH, Rosa and KUSUMAWARDHANI, Amie,(16 June 2023), THE INFLUENCE OF REPUTATION, PERCEIVED VALUE, AND E-WOM TOWARD PURCHASE DECISION THROUGH TRUST OF AIRBNB. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Airbnb adalah aplikasi travelling yang beroperasi di Indonesia sejak tahun 2016. Namun sejak tahun 2017 terjadi kontroversi Airbnb di Indonesia dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) karena Airbnb menerima klaim sehingga mendisrupsi bisnis perhotelan di Indonesia. Hal ini berimbas pada pergerakan saham Airbnb yang masih low-momentum dengan kenaikan hanya 3% dari tahun 2018 ke 2021. Karena Airbnb masih jarang digunakan di Indonesia dimana terdapat data yang mengungkapkan bahwa Traveloka masih menjadi aplikasi travel pilihan untuk memesan akomodasi di Indonesia pada tahun 2022, sedangkan Airbnb menempati urutan kelima dengan 2%. Penelitian ini menggunakan masyarakat di Provinsi Jawa Tengah yang menggunakan Airbnb, kemudian pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dan memiliki beberapa kriteria. Sampel dalam penelitian ini adalah 150 responden yang berdomisili di Jawa Tengah, berusia di atas 17 tahun, dan pernah menggunakan Airbnb. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) dan diolah dengan software AMOS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua hipotesis diterima: Reputasi, Nilai Persepsi, E-WOM berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian dan kepercayaan, dan Kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian.
Keywords : Reputation, Perceived Value, E-WOM, Trust, Purchase Decision, Airbnb, Reputasi, Persepsi Nilai, E-WOM, Kepercayaan, Keputusan Pembelian, Airbnb
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Rosa Nabillah
Date Deposited: 23 Jun 2023 07:54
Last Modified: 23 Jun 2023 07:54
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12682

Actions (login required)

View Item
View Item