DEWI, Annisa Elyana and SANTOSA, Purbayu Budi,(13 June 2023), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN MOBILE BANKING SYARIAH DENGAN VARIABEL INTERVENING BEHAVIORAL INTENTION (Studi Generasi Z Muslim di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (20kB)
Download (20kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (116kB)
Download (116kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (7kB)
Download (7kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (446kB)
Download (446kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (252kB)
Download (252kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi mobile banking syariah saat ini adalah jumlah pengguna yang jauh lebih sedikit dibandingkan mobile banking konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor-faktor model UTAUT 2 yang dimodifikasi terhadap penggunaan mobile banking syariah pada nasabah.
Populasi penelitian adalah Generasi Z muslim pengguna mobile banking syariah di Kota Semarang yang disaring menjadi 100 sampel melalui pendekatan sampling purposive. Metode pengumpulan data adalah kuesioner yang diukur menggunakan skala likert. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian adalah Partial Least Squares-Structural Equation Modelling (PLS-SEM) menggunakan aplikasi SmartPLS 3.
Hasil penelitian menunjukkan niat Generasi Z muslim di Kota Semarang untuk menggunakan mobile banking syariah secara positif signifikan dipengaruhi oleh Performance Expectancy, Hedonic Motivation, Price Value, Habit, Perceived Credibility, dan Religiusitas, tapi tidak dipengaruhi Effort Expectancy, Social Influence, dan Facilitating Conditions. Ditemukan pula bahwa Habit dan Behavioral Intention berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan aktual mobile banking syariah, sementara Facilitating Conditions tidak berpengaruh sama sekali. Model penelitian terbukti kuat dalam menjelaskan 81,6% behavioral intention serta 76% use behavior mobile banking syariah.
Keywords : | Islamic Bank, Mobile Banking, Perceived Credibility, Religiosity, UTAUT 2, Bank Syariah, Mobile Banking, Persepsi Kredibilitas, Religiusitas, UTAUT 2 |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Islam |
Depositing User: | Annisa Elyana Dewi |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 07:50 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 07:50 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12704 |