ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN MOBILE BANKING SYARIAH DENGAN VARIABEL INTERVENING BEHAVIORAL INTENTION (Studi Generasi Z Muslim di Kota Semarang)

DEWI, Annisa Elyana and SANTOSA, Purbayu Budi,(13 June 2023), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN MOBILE BANKING SYARIAH DENGAN VARIABEL INTERVENING BEHAVIORAL INTENTION (Studi Generasi Z Muslim di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (20kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (116kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (446kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (252kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi mobile banking syariah saat ini adalah jumlah pengguna yang jauh lebih sedikit dibandingkan mobile banking konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor-faktor model UTAUT 2 yang dimodifikasi terhadap penggunaan mobile banking syariah pada nasabah. Populasi penelitian adalah Generasi Z muslim pengguna mobile banking syariah di Kota Semarang yang disaring menjadi 100 sampel melalui pendekatan sampling purposive. Metode pengumpulan data adalah kuesioner yang diukur menggunakan skala likert. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian adalah Partial Least Squares-Structural Equation Modelling (PLS-SEM) menggunakan aplikasi SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan niat Generasi Z muslim di Kota Semarang untuk menggunakan mobile banking syariah secara positif signifikan dipengaruhi oleh Performance Expectancy, Hedonic Motivation, Price Value, Habit, Perceived Credibility, dan Religiusitas, tapi tidak dipengaruhi Effort Expectancy, Social Influence, dan Facilitating Conditions. Ditemukan pula bahwa Habit dan Behavioral Intention berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan aktual mobile banking syariah, sementara Facilitating Conditions tidak berpengaruh sama sekali. Model penelitian terbukti kuat dalam menjelaskan 81,6% behavioral intention serta 76% use behavior mobile banking syariah.
Keywords : Islamic Bank, Mobile Banking, Perceived Credibility, Religiosity, UTAUT 2, Bank Syariah, Mobile Banking, Persepsi Kredibilitas, Religiusitas, UTAUT 2
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Annisa Elyana Dewi
Date Deposited: 26 Jun 2023 07:50
Last Modified: 26 Jun 2023 07:50
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12704

Actions (login required)

View Item
View Item