CAHYADININGRUM, Tri and RAHARJO, Susilo Toto,(15 June 2023), ANALISIS PENGARUH KREDIBILITAS INFLUENCER PADA INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI DENGAN KEPERCAYAAN MEREK DAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI PADA PERAWATAN TUBUH WARDAH). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (217kB)
Download (217kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (183kB)
Download (183kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (184kB)
Download (184kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (333kB)
Download (333kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (563kB)
Download (563kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Wardah merupakan perusahaan kecantikan yang memiliki berbagai segmen produk, yakni skin care, body care, hair care dan make up. Namun, meski penjualan Wardah secara keseluruhan nomor 1 di tiga platform belanja online, ternyata produk Wardah pada segmen body care bahkan tidak masuk 10 merek dengan penjualan terlaris yang menandakan adanya ketidakmerataan penjualan produk body care Wardah baik dibandingkan dengan merek perawatan tubuh lain ataupun dengan produk Wardah pada segmen lainnya.
Oleh karena itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh Kredibilitas Influencer di Instagram terhadap Minat Beli, Kepercayaan Merek dan Citra Merek serta pengaruh Kepercayaan Merek dan Citra Merek terhadap Minat Beli pada Perawatan Tubuh Wardah. Dengan kata lain, Kepercayaan Merek dan Citra Merek memiliki peran sebagai variabel mediasi. Terdapat 139 responden yang digunakan sebagai sampel pada penelitian ini. Responden yang menjadi sampel merupakan orang yang pernah memiliki minat untuk membeli produk Wardah setelah melihat konten SMI di Instagram.
Teknik pengumpulan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling serta menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Analisis menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan program AMOS 24 untuk menguji secara keseluruhan. Hasil uji menunjukkan bahwa Kredibilitas Influencer berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepercayaan Merek dan Citra Merek. Kemudian, Kredibilitas Influencer berpengaruh secara positif namun tidak signifikan terhadap Minat Beli. Selain itu, hasil juga menunjukkan bahwa Kepercayaan Merek dan Citra Merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli.
Keywords : | SMI, Influencer Credibility, Brand Trust, Brand Image, Purchase Intention, SMI, Kredibilitas Influencer, Kepercayaan Merek, Citra Merek, Minat Beli |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Tri Cahyadiningrum |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 02:51 |
Last Modified: | 31 Jul 2023 02:30 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12718 |