PUTRI, Rishnanda Avrilia and ATMANTI, Hastarini Dwi,(13 June 2023), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN MUSLIM TERHADAP PEMBELIAN PRODUK NONGSHIM (Studi pada Konsumen Muslim Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (16kB)
Download (16kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (214kB)
Download (214kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (214kB)
Download (214kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (202kB)
Download (202kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (465kB)
Download (465kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap konsumen muslim terkait faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembeliannya. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan pendekatan purposive sampling. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan secara online. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS statistic 27 untuk pengujian data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa label halal, kesadaran halal, harga, dan electronic word of mouth memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, baik secara parsial maupun simultan. Nilai R square sebesar 0,508 menunjukkan bahwa 51% keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel independen, sedangkan sebanyak 49% sisanya dijelaskan oleh faktor lain di luar penelitian.
Studi ini memberikan informasi mengenai konsumsi masyarakat muslim terhadap makanan impor, yang pembahasannya terkhusus pada pembelian produk Nongshim Korea. Berdasarkan hal itu, studi ini akan bermanfaat bagi produsen atau eksportir untuk memahami perilaku pembelian konsumen muslim terhadap makanan impor, serta bermanfaat bagi konsumen untuk dapat menetapkan strategi pembelian produk impor yang halal. Batasan penelitian ini hanya berfokus pada konsumen muslim di Kota Semarang.
Keywords : | halal label, halal awareness, price, electronic word of mouth (e-WOM), buying decision., label halal, kesadaran halal, harga, electronic word of mouth (e-WOM), keputusan pembelian. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Islam |
Depositing User: | Rishnanda Avrilia Putri |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 08:20 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 08:20 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12741 |