ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN MUSLIM TERHADAP PEMBELIAN PRODUK NONGSHIM (Studi pada Konsumen Muslim Kota Semarang)

PUTRI, Rishnanda Avrilia and ATMANTI, Hastarini Dwi,(13 June 2023), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN MUSLIM TERHADAP PEMBELIAN PRODUK NONGSHIM (Studi pada Konsumen Muslim Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (16kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (214kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (214kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (202kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (465kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap konsumen muslim terkait faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembeliannya. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan pendekatan purposive sampling. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan secara online. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS statistic 27 untuk pengujian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa label halal, kesadaran halal, harga, dan electronic word of mouth memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, baik secara parsial maupun simultan. Nilai R square sebesar 0,508 menunjukkan bahwa 51% keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel independen, sedangkan sebanyak 49% sisanya dijelaskan oleh faktor lain di luar penelitian. Studi ini memberikan informasi mengenai konsumsi masyarakat muslim terhadap makanan impor, yang pembahasannya terkhusus pada pembelian produk Nongshim Korea. Berdasarkan hal itu, studi ini akan bermanfaat bagi produsen atau eksportir untuk memahami perilaku pembelian konsumen muslim terhadap makanan impor, serta bermanfaat bagi konsumen untuk dapat menetapkan strategi pembelian produk impor yang halal. Batasan penelitian ini hanya berfokus pada konsumen muslim di Kota Semarang.
Keywords : halal label, halal awareness, price, electronic word of mouth (e-WOM), buying decision., label halal, kesadaran halal, harga, electronic word of mouth (e-WOM), keputusan pembelian.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Rishnanda Avrilia Putri
Date Deposited: 27 Jun 2023 08:20
Last Modified: 27 Jun 2023 08:20
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12741

Actions (login required)

View Item
View Item