ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris Pada Pengguna Layanan Bus Kampus UNDIP)

ARVI, Maulana Mahardika and HIDAYATI, Retno,(26 June 2023), ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Empiris Pada Pengguna Layanan Bus Kampus UNDIP). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (230kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (304kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (251kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (338kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (384kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas pelanggan pada pengguna layanan bus kampus UNDIP. Lebih rinci lagi penelitian ini akan memeriksa hubungan antara loyalitas pelanggan dengan kualitas layanan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan menggunakan metode survei melalui teknik convenience sampling kepada mahasiswa yang pernah menggunakan layanan bus kampus lebih dari satu kali. Sebanyak 177 data jawaban responden terkumpul untuk kemudian dianalisis menggunakan structural equation modeling partial least square (SEM-PLS). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan tidak berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan secara langusng, namun memiliki berpengaruh positif signifikan secara tidak langsung melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi. Kemudian kualitas layanan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan kepuasan pelanggan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Berdasarkan temuan yang ada, pengelola layanan bus kampus dapat mengembangkan strategi guna memberikan layanan yang lebih mudah dan berkualitas agar mahasiswa semakin puas dengan layanan sehingga meningkatkan loyalitas mereka untuk menggunakan bus kampus UNDIP.
Keywords : service quality, customer satisfaction, customer loyalty, campus buses, students, kualitas layanan, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan, bus kampus, mahasiswa
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Maulana Mahardika Arvi
Date Deposited: 03 Jul 2023 04:59
Last Modified: 08 Nov 2023 08:07
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12762

Actions (login required)

View Item
View Item