ANALISIS PENGARUH ENVIRONMENTAL CONCERN TERHADAP GREEN PURCHASE INTENTION DENGAN GREEN PRODUCT INVOLVEMENT DAN SELF-IMAGE CONGRUENCE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Produk Hijau Merek Herborist)

SIREGAR, Rizqy Dwi Kusuma and FERDINAND, Augusty Tae,(27 June 2023), ANALISIS PENGARUH ENVIRONMENTAL CONCERN TERHADAP GREEN PURCHASE INTENTION DENGAN GREEN PRODUCT INVOLVEMENT DAN SELF-IMAGE CONGRUENCE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Pada Produk Hijau Merek Herborist). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (91kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (42kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (42kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (71kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (212kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pemasaran hijau (green marketing) merupakan strategi tindak lanjut dari gagasan keberlanjutan untuk memperbaiki lingkungan yang semakin rusak. Selain sebagai kontribusi sebagai manusia, tren pemasaran hijau juga digunakan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif di tengah persaingan industri kosmetik yang semakin ketat. Produk Herborist merupakan salah satu produk yang melakukan pemasaraan hijau. Meskipun Herborist dikenal masyarakat, namun pemasarannya belum maksimal sehingga masih kalah dengan produk hijau lainnya. Di sisi lain konsumen semakin menyadari bahwa kerusakan lingkungan tidak dapat diabaikan sehingga konsumsi hijau semakin meningkat. Kepedulian pada lingkungan inilah yang dimanfaatkan oleh produk Herborist dalam menarik perhatian pasar. Selain fenomena tersebut, ditemukan kesenjangan hasil dari penelitian sebelumnya yaitu tidak konsistennya hubungan antara Environmental Concern dan Green Purchase Intention. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah model konseptual mengenai bagaimana cara mengelola Environmental Concern dengan menggunakan pendekatan Self-Congruence Theory sehingga dapat meningkatkan Green Purchase Intention pada produk kecantikan Herborist melalui Green product Involvement dan Self-Image Congruence. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 110 responden melalui metode kuesioner dengan kriteria pernah membeli produk Herborist minimal satu kali dan berdomisili di Kota Semarang. Proses pengolahan dan analisis data dilakukan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM), dengan menggunakan perangkat lunak Analysis Moment of Structural (AMOS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Environmental Concern memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Green Purchase Intention melalui Green Product Involvement dan Self-Image Congruence. Oleh karena itu semua hipotesis dalam penelitian ini diterima. Implikasi manajerial dari penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dalam pengembangan strategi pemasaran perusahaan produk Herborist.
Keywords : Environmental Concern, Green Product Involvement, Self-Image Congruence, Green Purchase Intention, Self-Congruemce Theory, Kepedulian pada Lingkungan, Keterlibatan Produk Hijau, Kesesuaian Citra Diri, Niat Pembelian Produk Hijau, Teori Kongruitas Diri
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Rizqy Dwi Kusuma Siregar
Date Deposited: 04 Jul 2023 04:21
Last Modified: 04 Jul 2023 04:21
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12798

Actions (login required)

View Item
View Item