Pengaruh Green Accounting dan Carbon Emission Disclosure Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-20221)

Nafisa, Shofia,(22 June 2023), Pengaruh Green Accounting dan Carbon Emission Disclosure Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-20221). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (73kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (88kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (92kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (41kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (171kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (933kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh green accounting dan carbon emission disclosure terhadap nilai perusahaan. Variabel independen green accounting diproyeksikan dengan kinerja lingkungan yang dinilai melalui peringkat PROPER, sedangkan carbon emission disclosure dinilai dengan metode content analysis melalui lima indeks. Nilai perusahaan yang merupakan variabel dependen diukur menggunakan Tobin’s Q. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2020 sampai tahun 2021. Total sampel yang diperoleh ialah 104 perusahaan yang ditentukan dengan menggunakan metode purposive judgment sampling dengan berbagai kriteria. Metode analisis yang digunakan untuk penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa green accounting dan carbon emission disclosure berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan (Tobin’s Q). Dengan menerapkan green accounting dan carbon emission disclosure maka akan meningkatkan nilai perusahaan.
Keywords : Green Accounting, Carbon Emission Disclosure, Firm Value, Tobin’s Q., Green Accounting, Carbon Emission Disclosure, Nilai Perusahaan, Tobin’s Q.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Shofia Nafisa
Date Deposited: 04 Jul 2023 06:39
Last Modified: 04 Jul 2023 06:39
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12802

Actions (login required)

View Item
View Item