PENGARUH ASPEK PERILAKU PADA PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI SAHAM (Studi pada Investor Ritel Kota Semarang yang Berinvestasi di Bursa Efek Indonesia)

FATHIN, Nadime Abiyyu and WAHYUDI, Sugeng,(26 June 2023), PENGARUH ASPEK PERILAKU PADA PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI SAHAM (Studi pada Investor Ritel Kota Semarang yang Berinvestasi di Bursa Efek Indonesia). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (94kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (54kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (75kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (85kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (152kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari aspek perilaku terhadap keputusan investasi saham investor ritel yang berinvestasi di Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mengangkat sejumlah variabel dari teori perilaku keuangan sebagai variabel independen yaitu overconfidence, herd behavior, loss aversion dan risk perception. Penelitian ini tertuju kepada para investor ritel yang berdomisili di Kota semarang yang aktif berinvestasi di Bursa Efek Indonesia. Peneliti menyebarkan kuesioner secara online melalui sosial media yang mana diisi oleh 127 responden. Data tersebut kemudian dikumpulkan serta dianalisis dengan menggunakan structural equation modelling (SEM) dan dengan menggunakan aplikasi smartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari bias perilaku keuangan di Bursa Efek Indonesia yang diwakili oleh tiga faktor perilaku yang mempengaruhi keputusan investasi investor individu yaitu variabel overconfidence, herd behavior, dan risk perception. Di sisi lain, variabel loss aversion tidak mempengaruhi keputusan investasi investor. Penelitian tersebut memberikan beberapa rekomendasi bagi investor yang hendak melakukan transaksi saham untuk mengadopsi dasar ilmiah dalam membuat keputusan investasi saham, dan menyarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut untuk mempelajari dampak perilaku keuangan pada berbagai jenis risiko dan imbal hasil di Bursa Efek Indonesia.
Keywords : Behavioral Finance, Overconfidence, Herd Behavior, Loss Aversion, Risk Perception, Investment Decision., Perilaku Keuangan, Overconfidence, Herd Behavior, Loss Aversion, Risk Perception, Keputusan Investasi.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Nadime Abiyyu Fathin
Date Deposited: 05 Jul 2023 06:53
Last Modified: 05 Jul 2023 06:53
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12876

Actions (login required)

View Item
View Item