PENGARUH LITERASI KEUANGAN, GAYA HIDUP DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PERILAKU KEUANGAN SYARIAH MAHASISWA (STUDI PADA MAHASISWA S1 EKONOMI ISLAM FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS DIPONEGORO)

AKBAR, Rizki and SETIAWAN, Achma Hendra,(26 June 2023), PENGARUH LITERASI KEUANGAN, GAYA HIDUP DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PERILAKU KEUANGAN SYARIAH MAHASISWA (STUDI PADA MAHASISWA S1 EKONOMI ISLAM FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS DIPONEGORO). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (32kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (60kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (104kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia. Menurut data dari World Population Review di tahun 2021, jumlah muslim yang berada di Indonesia adalah sebanyak 229 juta jiwa, atau sekitar 87 persen dari total populasi di Indonesia. Dengan jumlah warga muslim yang disebutkan di atas, Indonesia memiliki potensi yang besar dalam keuangan syariah. Mahasiswa yang diharapkan nanti setelah lulus menjadi pilar bangsa dapat memanfaatkan potensi keuangan syariah terutama mahasiswa Ekonomi Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan, gaya hidup, dan religiusitas terhadap perilaku keuangan syariah mahasiswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dan pengujian data dengan menggunakan program SPSS Statistics 25. Sampel penelitian ini sebanyak 100 orang mahasiswa dengan menggunakan purposive sampling yang mana metode pengumpulan datanya dilakukan melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial literasi keuangan dan religiusitas berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan syariah mahasiswa. Sementara secara parsial gaya hidup tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan syariah mahasiswa. Sedangkan secara simultan literasi keuangan, gaya hidup, dan religiusitas berpengaruh secara positif signifikan terhadap perilaku keuangan syariah mahasiswa.
Keywords : financial literacy, lifestyle, religiosity, Sharia financial behavior, students., literasi keuangan, gaya hidup, religiusitas, perilaku keuagan syariah, mahasiswa.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Rizki Akbar
Date Deposited: 06 Jul 2023 01:01
Last Modified: 06 Jul 2023 01:01
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12884

Actions (login required)

View Item
View Item