PILIHAN GENERASI MILENIAL INDONESIA UNTUK BEKERJA DI SEKTOR NONPROFIT: STUDI FENOMENOLOGI

KRISTIFOLUS, Willybrodus Gabriel and SUHARNOMO, Suharnomo,(24 June 2023), PILIHAN GENERASI MILENIAL INDONESIA UNTUK BEKERJA DI SEKTOR NONPROFIT: STUDI FENOMENOLOGI. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (25kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (5kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (9kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (145kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (855kB) | Request a copy

Abstract

Generasi milenial adalah mereka yang lahir antara tahun 1980-1994. Mereka dikenal sebagai generasi yang mengawali penggunaan teknologi yang masif, dimana teknologi membentuk ekosistem mereka didalam bekerja. Kemudian juga digambarkan debagai generasi yang memiliki ekspektasi tinggi didalam bekerja, tentu saja terkait dengan promosi dan imbal hasil. Dari sisi kepemimpinan dan interkasi, generasi ini lebih menyukai model kepemimpinan yang selalu hadir dan memberi arahan kepada anak buahnya. Bahkan juga menginginkan adanya teguran dan apresiasi dari hasil kerja yang mereka lakukan. Generasi milenial akan mengisi mayoritas tenaga kerja pada beberapa tahun kedepan. Salah satu sektor pekerjaan yang ada adalah nonprofit. Dimana sector ini hadir untuk mengisi pelayanan dasar bagi masyarakat yang membutuhkan. Pelayanan dasar tersebut seringkali berkaitan dengan kebutuhan dasar seperti makanan, kesehatan, pendidikan, dan perhatian bagi orang-orang difabel. Dalam celah itulah sektor ini hadir. Menariknya sektor nonprofit seperti Namanya, maka tidak bertujuan meraih keuntungan sebesar-besarnya seperti sektor profit. Sejalan dengan hal itu maka budaya yang ada di sektor ini terlihat bertolak belakang dengan budaya kerja yang diinginkan oleh generasi milenial. Organisasi Nonprofit sudah pasti tidak bisa menyediakan imbal hasil yang tinggi kepada para pegawainya, apalagi memenuhi ekspektasi para milenilal. Penelitian ini berfokus pada generasi milenial yang memilih bekerja pada sektor nonprofit. Penelitian dilakukan dengan studi fenomenologi terhadap enam orang narasumber. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa milenial mau memilih sektor nonprofit dikarenakan, mereka mau mengaktulisasi diri mereka, tidak sekedar memenuhi kebutuhan dasar saja. Lalu adanya semangat pelayanan, yaitu melayani kebutuhan orang lain, dan adanya lingkungan yang nyaman bagi pekerjaan mereka sekarang.
Keywords : Millenial, Self Actualization, Service, Milenial, Aktualisasi Diri, Pelayanan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Willybrodus Gabriel Kristifolus
Date Deposited: 10 Jul 2023 02:22
Last Modified: 10 Jul 2023 03:35
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12981

Actions (login required)

View Item
View Item