STRATEGI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TATA KELOLA ASET TETAP PADA BADAN RISET DAN INOVASI NASIONAL (BRIN) DI JAKARTA (STUDI KASUS KUALITATIF)

GUNAWAN, Ari and ANDRIYANI, Andriyani,(30 June 2023), STRATEGI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TATA KELOLA ASET TETAP PADA BADAN RISET DAN INOVASI NASIONAL (BRIN) DI JAKARTA (STUDI KASUS KUALITATIF). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (83kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (52kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (52kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (68kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (123kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk lebih tertib administrasi, tertib pengamanan aset tetap, untuk menuju opini yang terbaik dengan tidak ada catatan temuan pemeriksaan pihak eksternal yaitu BPK. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang terjadi pada eks BPPT pada tahun 2019 dan tahun 2020. Metode penelitian kualitatif ini menggunakan data primer yang diperoleh dari wawancara, observasi, dokumentasi dan data sekunder yang diperoleh dari dokumen. Hasil dari penelitian yaitu adanya temuan dari BPK mengenai tata kelola aset tetap di eks BPPT yang belum memadai dan belum optimal. Hasil penelitian mengidentifikasikan bahwa implementasi kebijakan tata kelola aset tetap atau Barang Milik Negara di eks BPPT belum berjalan secara efektif karena keterbatasan Sumber Daya Manusia pengelolaan aset tetap atau Barang Milik Negara. Pendukung implementasi dengan adanya komitmen dari pucuk pimpinan Kepala BRIN yang dituangkan dalam bentuk kebijakan dan petunjuk pelaksanaan. Kurangnya petugas kelola barang milik negara, minimnya koordinasi di internal dan di eksternal, perlu ditingkatkan pelatihan dan sosialisasi, sosialisasi kebijakan, perbaikan sistem dan belum adanya standar operasional prosedur (SOP), dan jika diperlukan reward bagi petugas tata kelola aset atau barang milik Negara.
Keywords : policy implementation, fixed asset governance, implementasi kebijakan, tata kelola aset tetap
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Ari Gunawan
Date Deposited: 12 Jul 2023 09:13
Last Modified: 25 Jul 2023 02:34
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13005

Actions (login required)

View Item
View Item