ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN E-COMMERCE SHOPEE

KURNIAWAN, Aden Tegar and INDRIANI, Farida,(26 June 2023), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN E-COMMERCE SHOPEE. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (188kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (343kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (165kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (306kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (408kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa faktor-faktor yang menjadi pendorong konsumen untuk memilih shopee sebagai marketplace dibanding aplikasi lainnya. Rentang waktu penelitian ini dilakukan dari 2022-2023 dengan objek karyawan PT. Telkom Semarang. Metode sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dan accidental sampling, yaitu penentu sampel bedasarkan faktor natural atau reflex. Analisis kuantitatif dengan metode structural equation modeling (SEM) - partial least squares path (PLS) digunakan untuk menguji data karena melibatkan variable intervening. Hasil penelitian menunjukan kenyamanan tidak berpengaruh pada keputusan pembelian, akan tetapi kenyamanan mampu berpengaruh terhadap kepercayaan. Sedangkan kepercayaan tidak mampu menjadi intervening yang baik antara kenyamanan terhadap keputusan pembelian. Persepsi risiko tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, persepsi risiko juga tidak berpengaruh terhadap kepercayaan. Sedangkan kepercayaan tidak mampu menjadi intervening yang baik antara persepsi risiko terhadap keputusan pembelian. Pembelian implusif tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Akan tetapi pembelian implusif berpengaruh pada kepercayaan. Sedangkan kepercayaan mampu menjadi intervening yang baik antara pembelian implusif terhadap keputusan membeli. kepercayaan berpengaruh positif terhadap keputusan membeli.
Keywords : buying decision, trust, comfort, perceived risk, impulsive buying., keputusan pembelian, kepercayaan, rasa nyaman, persepsi risiko, pembelian impulsif.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: ADEN TEGAR KURNIAWAN
Date Deposited: 17 Jul 2023 04:41
Last Modified: 17 Jul 2023 06:49
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13032

Actions (login required)

View Item
View Item