ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS FLEET CARD RFID DI PT PERTAMINA RETAIL

FATKURROZI, Muhammad and YUNIAWAN, Ahyar,(23 June 2023), ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS FLEET CARD RFID DI PT PERTAMINA RETAIL. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (17kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (42kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (138kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Optimalisasi biaya transportasi dianggap sebagai salah satu masalah terberat dan paling kompleks di sektor transportasi, ekspedisi, dan logistik. Perusahaan transportasi setuju bahwa setengah dari pengeluaran yang dikeluarkan terkait dengan aktivitas perusahaan saat ini adalah biaya bahan bakar. PT. Pertamina Retail merupakan perusahaan besar dalam bisnis ritel SPBU di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan bisnis fleet card RFID di Pertamina Retail. Pendekatan yang digunakan adalah Business Model Canvas (BMC) dan SWOT (Strengthts, Weakness, Opportunities, and threats). Metode penelitian yang digunakan adalah data primer yang didapat melalui wawancara ke beberapa narasumber. Hasil studi ini menunjukan elemen BMC berupa: key partnership, customer segment, value proposition dan revenue stream merupkan blok yang paling dominan. Sementara yang terendah adalah channel. Faktor internal fleet card Pertamina Retail dipengaruhi oleh aspek jaringan, keamanan, efisiensi, dan financial aspect. Hasil yang diperoleh SWOT analysis (strenghts, weakness, opportunities, & threats) terhadap sembilan blok BMC menunjukan bahwa unsur yang memiliki kekuatan tertinggi adalah brand pertamina dan jaringan SPBU, sedangkan cara pembayaran top up menempati urutan terendah. Dari arah lain, peluang tertinggi adalah key partnership dan ancaman tertinggi adalah customer segment sedangkan ancaman terendah adalah key partners.
Keywords : Fleet Card, RFID, Business Model Canvas, SWOT., Fleet Card, RFID, Business Model Canvas, SWOT
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Muhammad Fatkurrozi
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:45
Last Modified: 20 Jul 2023 04:04
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13051

Actions (login required)

View Item
View Item