ADOPSI MOBILE BANKING SYARIAH MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) 2 PADA GENERASI MILENIAL DI INDONESIA

RAMADHAN, Muhammad Taufiq and DARWANTO, Darwanto,(6 July 2023), ADOPSI MOBILE BANKING SYARIAH MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) 2 PADA GENERASI MILENIAL DI INDONESIA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (276kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (165kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (231kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (222kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (226kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis teori TAM 2 dalam mempengaruhi masyarakat milenial Indonesia dalam adopsi mobile banking syariah. Penelitian ini membahas adopsi mobile banking syariah dikarenakan perkembangan mobile banking syariah dari tahun ke tahun semakin meningkat dalam jumlah penggunanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam analisis adopsi mobile banking syariah. Alat analisis yang digunakan adalah SEM-PLS dengan SmartPLS sebagai aplikasi dalam menjelaskan model penelitian. 236 responden telah dipilih melalui purposive sampling untuk mendapatkan responden generasi milenial yang menggubnkan mobile banking syariah. Hasil penelitian menunjukkan variabel norma subjektif berpengaruh terhadap citra. Variabel norma subjektif, citra, relevansi pekerjaan, kualitas keluaran, keterbukaan hasil dan persepsi kegunaan berpengaruh terhadap persepsi kegunaan, variabel persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan berpengaruh terhadap niat perilaku, variabel niat perilaku berpengaruh terhadap perilaku penggunaan dan variabel pengalaman berpengaruh dalam memoderasi hubungan norma subjektif dengan persepsi kegunaan. Hanya variabel keterbukaan hasil yang tidak berpengaruh terhadap persepsi kegunaan serta variabel pengalaman dan kesukarelaan tidak memiliki pengaruh dalam memoderasi hubungan norma subjektif dengan niat perilaku menggunakan mobile banking syariah.
Keywords : Islamic Mobile banking, TAM 2, Technology, Millenial, Mobile banking Syariah, TAM 2, Teknologi, Milenial
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Muhammad Taufiq Ramadhan
Date Deposited: 24 Jul 2023 06:23
Last Modified: 24 Jul 2023 08:32
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13069

Actions (login required)

View Item
View Item