PRADISTI, Larisa and FERDINAND, Augusty Tae and INDRIANI, Farida,(6 July 2023), PENINGKATAN KINERJA PRODUK MELALUI AKSENTUASI NILAI KOMERSIAL: PENDEKATAN TEORI SDL. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (21kB)
Download (21kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (86kB)
Download (86kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (142kB)
Download (142kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (243kB)
Download (243kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (361kB)
Download (361kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Pergeseran teknologi yang melaju sangat pesat menyebabkan perusahaan
dipaksa untuk menghadapi perubahan yang menyebabkan permintaan pelanggan
cepat berubah, produk baru dan layanan baru kerap bermunculan yang
menyebabkan produk dan layanan yang sudah ada menjadi usang. Oleh sebab itu
perlu adanya inovasi yang berkelanjutan yang harus dilakakukan para pelaku
usaha. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kesenjangan penelitian (research
gap) dan inkonsistensi hubungan antara inovasi produk dan kinerja produk.
Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi sebuah model konseptual baru,
yang menjelaskan bagaimana strategi untuk meningkatkan kinerja produk dengan
menggunakan pendekatan teori yang relevan. Berdasarkan permasalahan yang
teridentifikasi dan diuraikan, maka teori yang relevan dan digunakan sebagai
dasar dalam menjelaskan dan menyelesaikan permasalahan dalam penelitian ini
adalah teori Service Dominant Logic. Sintesa dari teori tersebut sangat relevan dan
mampu dijadikan sebagai dasar untuk menjelaskan alasan mengapa berbagai
pelaku usaha dapat memiliki daya tarik serta kekuatan atas produk yang
dihasilkan mereka, sehingga akan dapat menjelaskan kesenjangan penelitian
dengan lebih baik. Kebaruan dalam penelitian ini adalah sebuah konstruksi model
konseptual, yaitu Commercial Value Accentuation sebagai variabel mediasi untuk
mengatasi research gap dalam menjelaskan pengaruh antara inovasi produk pada
kinerja produk.
Penelitian ini melibatkan 246 pelaku usaha UKM 5 Kabupaten eks
karisedan Banyumas. Proses analisis data untuk menguji hipotesis dalam
penelitian ini menggunakan program SPSS dan model persamaan structural
(Structural Equatiion Model) SEM AMOS versi 22. Penerimaan hipotesishipotesis
yang diajukan dalam penelitian ini menunjukkan pentingnya variabel
inonasi produk, commercial value accentuation, dan speed to market dalam
mendorong kinerja pemasaran. Commercial Value Accentuation sebagai konstruk
baru yang diajukan terbukti secara meyakinkan sebagai variabel mediasi yang
berperan penting dalam mengisi kesenjangan penelitian, dengan memperjelas
hubungan antara inovasi produk dan kinerja produk. Rerangka penelitian ini
dikembangkan dan disintesakan dari konsep-konsep pemasaran yang relevan,
sehingga studi ini memberikan kontribusi, baik secara teoritis maupun manajerial
Keywords : | product innovation, commercial value accentuation, product launch prowess, marketing speed, product performance, inovasi produk, commercial value accentuation, product launch proficiency, speed to market, kinerja produk |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (PhD) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | LARISA PRADISTI |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 02:50 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 03:18 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13090 |