PENGARUH SPESIALISASI INDUSTRI AUDITOR DAN AUDIT TENURE TERHADAP AUDIT REPORT LAG (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021)

AZAHRA, Selina Aulia and ZULAIKHA, Zulaikha,(11 July 2023), PENGARUH SPESIALISASI INDUSTRI AUDITOR DAN AUDIT TENURE TERHADAP AUDIT REPORT LAG (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (49kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (198kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (229kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji secara empiris pengaruh antara dua dimensi kualitas auditor, yaitu spesialisasi industri auditor dan audit tenure terhadap audit report lag. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah audit report lag. Variabel independen adalah spesialisasi industri auditor dan audit tenure. Variabel kontrol adalah ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas, dan kerugian. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2021. Sampel penelitian berjumlah 115 laporan keuangan dari 41 perusahaan perbankan. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder dan dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan metode regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen yaitu spesialisasi industri auditor berpengaruh negatif dan signifikan terhadap audit report lag, sedangkan audit tenure tidak berpengaruh signifikan terhadap audit report lag.
Keywords : Audit report lag, auditor industry specialization, audit tenure, company size, leverage, profitability, losses., Audit report lag, spesialisasi industri auditor, audit tenure, ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas, kerugian.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Selina Aulia Azahra
Date Deposited: 28 Jul 2023 02:49
Last Modified: 28 Jul 2023 02:49
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13097

Actions (login required)

View Item
View Item