GININGROEM, DEWI SRI WOELANDARI PANTJOLO and FARIDA, Naili and SOESANTO, Harry,(14 June 2023), MEMBANGUN MODEL IDIOSYNCRATIC REGIONAL VALUE PRODUCT DESIGN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (94kB)
Download (94kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (96kB)
Download (96kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (86kB)
Download (86kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (179kB)
Download (179kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (326kB)
Download (326kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Persaingan yang semakin ketat diantara usaha-usaha baru serta perubahanperubahan
yang terjadi dalam persaingan usaha menciptakan perubahan
kebutuhan pelanggan serta pengelolaan produk serta pangsa pasar. Untuk itu
Pemilik atau pengelola usaha UMKM harus menentukan perubahan apa yang
akan dilakukan dan siapa saja yang terkait dengan usaha tersebut termasuk
didalamnya adalah karyawan dan konsumen yang disasar. Penelitian ini
dilatarbelakangi adanya kesenjangan penelitian (research gap) dan inkonsistensi
hubungan antara orientasi kewirausahaan dan kinerja pemasaran.
Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi sebuah model konseptual baru,
yang menjelaskan bagaimana strategi untuk meningkatkan kinerja pemasaran
dengan menggunakan pendekatan teori yang relevan. Berdasarkan permasalahan
yang teridentifikasi dan diuraikan, maka teori yang relevan dan digunakan sebagai
dasar dalam menjelaskan dan menyelesaikan permasalahan dalam penelitian ini
adalah teori Service Dominant Logic dan teori Strategi Pemasaran. Sintesa kedua
teori tersebut sangat relevan dan mampu dijadikan sebagai dasar untuk
menjelaskan alasan mengapa berbagai pelaku usaha dapat memiliki daya tarik
serta kekuatan atas produk yang dihasilkan mereka, sehingga akan dapat
menjelaskan kesenjangan penelitian dengan lebih baik. Kebaruan dalam penelitian
ini adalah sebuah konstruksi model konseptual, yaitu idiosyncratic regional value
product design sebagai variabel intervening untuk mengatasi research gap dalam
menjelaskan pengaruh antara orientasi kewirausahaan pada kinerja pemasaran.
Penelitian ini melibatkan 221 pelaku usaha UMKM batik di Yogyakarta,
Pekalongan, dan Surakarta (Solo). Proses analisis data untuk menguji hipotesis
dalam penelitian ini menggunakan program SPSS dan model persamaan structural
(Structural Equatiion Model) SEM AMOS versi 24. Penerimaan hipotesishipotesis
yang diajukan dalam penelitian ini menunjukkan pentingnya variabel
orientasi kewirausahaan, kestimewaan nilai kedaerahan desain produk
(idiosyncratic regional value product design), kapabilitas penginderaan pasar,
keahlian mendesain produk, dan kekuatan penetrasi pasar dalam mendorong
kinerja pemasaran. Idiosyncratic regional value product design sebagai konstruk
baru yang diajukan terbukti secara meyakinkan sebagai variabel mediasi yang
berperan penting dalam mengisi kesenjangan penelitian, dengan memperjelas
hubungan antara orientasi kewirausahaan dan kinerja pemasaran. Rerangka
penelitian ini dikembangkan dan disintesakan dari konsep-konsep pemasaran yang
relevan, sehingga studi ini memberikan kontribusi, baik secara teoritis maupun
manajerial
Keywords : | entrepreneurial orientation, idiosyncratic regional value product design, market sensing capability, product design expertise, market penetration strength, marketing performance, orientasi kewirausahaan, idiosyncratic regional value product design, kapabilitas penginderaan pasar, keahlian mendesain produk, kekuatan penetrasi pasar, kinerja pemasaran |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (PhD) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | DEWI SRI WOELANDARI PANTJOLO GININGROEM |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 07:00 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 07:44 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13099 |