ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT INDIVIDU BERDONASI MELALUI PLATFORM FINANCIAL TECHNOLOGY SYARIAH (Studi Kasus Generasi Millenial di Indonesia)

FEBRIYANTI, Acik and DARWANTO, Darwanto,(26 July 2023), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT INDIVIDU BERDONASI MELALUI PLATFORM FINANCIAL TECHNOLOGY SYARIAH (Studi Kasus Generasi Millenial di Indonesia). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (193kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (299kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (259kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (277kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (396kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan negara dimana mayoritas penduduknya beragama Islam. Indonesia dengan jumlah penduduk muslim yang besar tentunya memiliki potensi penghimpunan dana donasi yang besar juga. Islam pada dasarnya memiliki aturan sosial berupa anjuran untuk melaksanakan zakat. Oleh sebab itu, Indonesia memiliki potensi dana zakat yang sangat besar. Akan tetapi total penghimpunan dana donasi belum sebanding dengan potensi yang ada. Adanya fintech syariah diharapkan dapat menghemat waktu, pikiran, tenaga, serta biaya untuk berdonasi sehingga dapat menarik minat individu untuk berdonasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi niat individu untuk berdonasi menggunakan fintech syariah. Penelitian ini menggunakan Teknik purposive sampling yang dilakukan terhadap 115 responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan Structural Equation Modelling- Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel kemudahan, kepercayaan, kegunaan, motivasi religiusitas, keamanan, dan social influence berpengaruh positif signifikan terhadap niat berdonasi menggunakan platform fintech syariah.
Keywords : Individual intention, donation, sharia fintech, Niat individu, donasi, fintech syariah
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Acik Febriyanti
Date Deposited: 07 Aug 2023 03:55
Last Modified: 07 Aug 2023 03:55
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13146

Actions (login required)

View Item
View Item