IMPLIKASI BLOCKCHAIN PADA KECURANGAN AKUNTANSI: TELAAH LITERATUR SISTEMATIS (SLR)

LUTHFIYYAH, Zafara and DEWAYANTO, Totok,(17 July 2023), IMPLIKASI BLOCKCHAIN PADA KECURANGAN AKUNTANSI: TELAAH LITERATUR SISTEMATIS (SLR). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (35kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract) - Published Version
Download (8kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (129kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (138kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (903kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi penerapan Blockchain dalam mencegah kecurangan akuntansi dan bagaimana cara kerja berdasarkan artikel penelitian yang dipublikasikan. Penelitian ini juga bertujuan untuk menelaah keberagaman hasil dan pola dalam hal rekomendasi dan kontribusi. Kemudian, studi ini juga mengeksplorasi celah dalam ilmu pengetahuan untuk mengembangkan studi akademis di masa depan. Penelitian ini menggunakan metode systematic literature review (SLR) untuk menganalisis berbagai artikel yang terpublikasi pada jurnal akademik yang terindeks dalam Scopus yang terbit pada tahun 2020 hingga 2023. Artikel disaring menggunakan kata kunci yang ditentukan yang diperoleh dari berbagai jurnal peringkat teratas. Metode SLR digunakan untuk menelaah topik/tema, hasil, metodologi, rekomendasi, dan batasan artikel artikel yang diterbitkan. Hasil analisis memberi bukti bahwa studi akademik membuktikan keandalan blockchain didasarkan pada karakteristik utamanya, yaitu keamanan kriptografi, desentralisasi, dan konsensus jaringan. Dalam konteks kecurangan akuntansi, penggunaan blockchain dapat mengurangi risiko manipulasi data keuangan, karena setiap transaksi dienkripsi dan diotentikasi secara digital. Informasi yang disimpan dalam blockchain tidak dapat diubah atau dihapus tanpa persetujuan mayoritas partisipan jaringan, sehingga meminimalkan peluang untuk melakukan kecurangan.Temuan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang substansial pada informasi akuntansi, pengembang dalam hal pengembangan Blockchain pada organisasi dan merekomendasikan lebih mengeksplorasi tentang dampak dari penggunaan teknologi dalam bidang akuntansi.
Keywords : Blockchain Technology, Smart Contract, Distributed ledger, Consensus Algorithm, Accounting Fraud, SLR., Teknologi Blockchain, Smart Contract, Distributed ledger, Consensus Algorithm, Kecurangan Akuntansi, SLR.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Zafara Luthfiyyah
Date Deposited: 07 Aug 2023 06:38
Last Modified: 07 Aug 2023 06:38
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13156

Actions (login required)

View Item
View Item