PERBEDAAN PENGARUH FRAUD HEXAGON TERHADAP INDIKASI KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN DENGAN DIVERSITAS GENDER

RILANTO, Khalda Kultsum Salsabila and JANUARTI, Indira,(20 July 2023), PERBEDAAN PENGARUH FRAUD HEXAGON TERHADAP INDIKASI KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN DENGAN DIVERSITAS GENDER. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (27kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (12kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kecurangan laporan keuangan merupakan tindakan penyajian laporan keuangan yang mengandung salah saji material secara sengaja oleh pelaku kecurangan sehingga mengakibatkan kerugian kepada pengguna laporan keuangan. Perilaku kecurangan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya melalui karakteristik gender. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pengaruh dari enam faktor dalam model fraud hexagon terhadap indikasi kecurangan laporan keuangan di perusahaan yang memiliki diversitas gender dalam struktur direksi dan perusahaan tanpa diversitas gender. Unsur fraud hexagon yang digunakan dalam penelitian ini meliputi unsur tekanan (tekanan eksternal), peluang (whistleblowing system), rasionalisasi (remunerasi direksi), kapabilitas (pergantian direksi), arogansi (masa jabatan direktur utama), dan kolusi (dualitas direktur utama). Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan dan laporan keuangan perusahaan sektor pertambangan periode 2017-2021 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik purposive sampling sehingga diperoleh 228 data observasi meliputi 148 pengamatan sebagai sampel perusahaan tanpa diversitas gender dan 80 pengamatan sebagai sampel perusahaan dengan diversitas gender. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kolusi pada perusahaan dengan diversitas gender memiliki pengaruh yang lebih rendah terhadap peningkatan kecurangan laporan keuangan. Adapun faktor tekanan, peluang, rasionalisasi, kapabilitas, dan arogansi pada perusahaan yang memiliki representasi perempuan dalam struktur direksi tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap indikasi kecurangan laporan keuangan.
Keywords : hexagon fraud, fraudulent financial report, gender diversity, mining companies., fraud hexagon, kecurangan laporan keuangan, diversitas gender, perusahaan pertambangan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Khalda Kultsum Salsabila Rilanto
Date Deposited: 10 Aug 2023 07:01
Last Modified: 10 Aug 2023 07:01
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13184

Actions (login required)

View Item
View Item