PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN DAN PENGUNGKAPAN LINGKUNGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Energi dan Basic Materials yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021)

SAGALA, Desti Rohana and KUSUMADEWI, Karlina Aprilia,(14 July 2023), PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN DAN PENGUNGKAPAN LINGKUNGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Energi dan Basic Materials yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (21kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (4kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (5kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (29kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (180kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (981kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kinerja lingkungan dan pengungkapan lingkungan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor energi dan basic materials yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017 hingga 2021. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah nilai perusahaan. Variabel independen yang digunakan adalah kinerja lingkungan dan pengungkapan lingkungan. Variabel kontrol untuk mempertahankan hubungan antara variabel dependen dan variabel independen yang digunakan adalah firm size dan leverage. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari laporan tahunan, laporan keberlanjutan, dan laporan keuangan perusahaan sektor energi dan basic materials yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017 hingga 2021. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling dengan beberapa kriteria tertentu. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 90 perusahaan. Analisis regresi data panel merupakan analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini. Hasil pengujian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja lingkungan berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan dan pengungkapan lingkungan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Keywords : Environmental performance, environmental disclosure, firm value., Kinerja lingkungan, pengungkapan lingkungan, nilai perusahaan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Desti Rohana Sagala
Date Deposited: 11 Aug 2023 01:47
Last Modified: 11 Aug 2023 01:47
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13189

Actions (login required)

View Item
View Item