PENGARUH TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL TERHADAP KEPUTUSAN MUZAKKI MEMBAYAR ZAKAT PADA APLIKASI SHOPEE BAROKAH (Studi Muzakki Milenial Jabodetabek)

RUSMIADI, Rifana Alfiyah Salwa and SANTOSA, Purbayu Budi,(2 August 2023), PENGARUH TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL TERHADAP KEPUTUSAN MUZAKKI MEMBAYAR ZAKAT PADA APLIKASI SHOPEE BAROKAH (Studi Muzakki Milenial Jabodetabek). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Potensi dan realisasi zakat yang belum maksimal dikarenakan masih banyaknya muzakki yang tidak menyalurkan zakat melalui lembaga yang resmi sehingga dibutuhkan strategi meyakinkan dengan bekerja sama oleh platform ecommerce. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh technology acceptance model terhadap keputusan muzakki membayar zakat pada aplikasi shopee barokah di Jabodetabek. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner. Populasi penelitian yaitu muzakki milenial Jabodetabek yang pernah melakukan pembayaran zakat melalui shopee barokah dengan sampel sebanyak 100 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modelling – Partial Least Square (SEM PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kemudahan, persepsi kemanfaatan, kepercayaan, keamanan, dan brand awareness berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan muzakki membayar zakat pada aplikasi shopee barokah. Nilai R square sebesar 0,814 menunjukkan bahwa keputusan muzakki dapat dijelaskan sebesar 81% oleh variabel independen sedangkan 19% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian.
Keywords : Technology Acceptance Model, Shopee Barokah, SEM-PLS, Milennial Generation., Technology Acceptance Model, Shopee Barokah, SEM-PLS, Generasi Milenial.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Rifana Alfiyah Salwa Rusmiadi
Date Deposited: 11 Aug 2023 08:37
Last Modified: 11 Aug 2023 08:37
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13195

Actions (login required)

View Item
View Item