PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP KECURANGAN PELAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Keuangan dan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2020-2022)

ANANTO, Hanif Kamal and HANDAYANI, Sri,(24 July 2023), PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP KECURANGAN PELAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Keuangan dan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2020-2022). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (213kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (95kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (77kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (96kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (134kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh struktur kepemilikan terhadap kecurangan pelaporan keuangan. Struktur kepemilikan yang diteliti adalah kepemilikan manajerial, institusional, asing, keluarga, dan pemerintah. Teori agensi mengutarakan permasalahan antara pemilik dan agen. Agen sebagai manajer perusahaan memiliki kemampuan untuk melakukan kecurangan jika terdapat insentif baginya. Pemilik sebagai principal memiliki kuasa untuk melakukan pengawasan dan mencegah terjadinya kecurangan. Kecurangan pelaporan keuangan sebagai kasus kecurangan yang paling merugikan dijadikan topik penelitian. Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi yang memanfaatkan laporan tahunan perusahaan yang terdaftar di BEI pada sektor keuangan dan perbankan selama periode 2020-2022. Berdasarkan purposive sampling, didapatkan sampel sebanyak 231 perusahaan. Struktur kepemilikan perusahaan dan kecurangan pelaporan keuangan, yang diukur dengan menggunakan model Beneish M-Score, dianalisis dengan regresi linear. Penelitian ini menggunakan variabel kontrol untuk mengendalikan lingkup penelitian berupa ukuran perusahaan, leverage, dan independensi dewan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan antara kepemilikan manajerial dengan kecurangan pelaporan keuangan. Namun, kepemilikan institusional, asing, keluarga, dan pemerintah tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kecurangan pelaporan keuangan. Hasil pada kepemilikan manajerial menunjukkan bahwa manajer cenderung berusaha untuk mempertahankan posisinya sebagai manajemen puncak. Hal ini mendorong mereka untuk memanipulasi laporan keuangan sehingga kinerjanya dinilai baik.
Keywords : ownership structure, managerial ownership, institutional ownership, foreign ownership, family ownership, state-owned enterprise, fraudulent financial reporting., struktur kepemilikan, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, kepemilikan asing, kepemilikan keluarga, kepemilikan pemerintah, kecurangan pelaporan keuangan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Hanif Kamal Ananto
Date Deposited: 14 Aug 2023 07:00
Last Modified: 14 Aug 2023 07:00
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13203

Actions (login required)

View Item
View Item