ANALISIS PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DENGAN CAPITAL STRUCTURE SEBAGAI VARIABEL MODERASI DAN FIRM SIZE, FIRM AGE, SALES GROWTH, SERTA PBV SEBAGAI VARIABEL KONTROL (Studi pada Perusahaan Non-finansial yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018 – 2022)

GHOFUR, Azizul Mukminun and HERSUGONDO, Hersugondo,(24 July 2023), ANALISIS PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN DENGAN CAPITAL STRUCTURE SEBAGAI VARIABEL MODERASI DAN FIRM SIZE, FIRM AGE, SALES GROWTH, SERTA PBV SEBAGAI VARIABEL KONTROL (Studi pada Perusahaan Non-finansial yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018 – 2022). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (115kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (112kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (151kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (165kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (216kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kebutuhan akan informasi untuk menilai perusahaan-perusahaan menjadi sangat penting untuk berbagai pihak dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan perusahaan tersebut. Maka dari itu corporate governance menjadi salah satu indikator yang memiliki peran dalam memberi informasi mengenai kualitas tata kelola perusahaan-perusahaan yang dapat dijadikan bahan untuk mengambil keputusan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh kinerja tata kelola perusahaan terhadap kinerja keuangan perusahaan yang diproksikan dengan menggunakan return on assets (ROA) kemudian struktur modal yang diproksikan dengan menggunakan debt ot assets ratio (DAR) sebagai variabel moderasi. Penelitian ini melibatkan populasi seluruh perusahaan non-finansial yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018 – 2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh 71 perusahaan non-finansial yang laporan tahunannya terpublikasi di kanal website Bursa Efek Indonesia serta mengungkapkan Governance Disclosure Score di Bloomberg. Metode analisis yang digunakan yaitu regresi data panel dan moderated regression analysis (MRA) dengan menggunakan program E-views 12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja tata kelola perusahaan secara positif dan signifikan mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan yang diukur dengan ROA juga struktur modal yang diproksikan dengan DAR mampu memoderasi pengaruh tata kelola perusahaan terhadap kinerja keuangan.
Keywords : Corporate Governance, Firm Financial Performance, Capital Structure, Indonesia Stocks Exchange., Tata Kelola Perusahaan (Corporate Governance), Kinerja Keuangan Perusahaan (Firm Financial Performance), Struktur Modal (Capital Structure), Bursa Efek Indonesia.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Azizul Mukminun Ghofur
Date Deposited: 18 Aug 2023 09:12
Last Modified: 18 Aug 2023 09:12
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13241

Actions (login required)

View Item
View Item