PERAN MARKET ORIENTATION DAN PARTNERSHIP STRATEGY TERHADAP PERFORMANCE PADA UKM DI KOTA SEMARANG

ULUM, M Lail Cahya and FERDINAND, Augusty Tae,(14 August 2023), PERAN MARKET ORIENTATION DAN PARTNERSHIP STRATEGY TERHADAP PERFORMANCE PADA UKM DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (65kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (55kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (37kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (62kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (135kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model konseptual berdasarkan competitive advantage. Competitive advantage sendiri sebagai jembatan agar dapat meningkatkan kinerja bisnis UMKM. Secara keseluruhan terdapat 213 pemilik UMKM maupun Manager UMKM yang terlibat pada kegiatan penelitian ini. Metode Structural Equation Modeling (SEM) diadopsi sebagai perangkat lunak untuk membantu dalam menguji model dan hipotesis. Structural Equation Modeling (SEM) menganalisis 213 kuisioner. Hasil temuan dalam penelitian ini adalah partnership tidak berpengaruh terhadap marketing capabilities, dan marketing capabilities tidak berpengaruh pada kinerja UMKM. Market orientation berpengaruh terhadap marketing capabilities, partnership dan marketing capabilities berpengaruh terhadap competitive advantage, dan competitive advantage berpengaruh terhadap business performance, maka hal ini dapat dijadikan masukan bagi para manajerial UMKM untuk dapat memperoleh manfaat dari competitive advantage yang mereka miliki. Penolakan hipotesis memberikan ruang bagi penelitian lebih lanjut. Kerangka sampel UMKM sektor FnB membatasi kekuatan generalisasi konsep competitive advantage, yang kemudian membutuhkan replikasi untuk mencapai generalisasi yang lebih luas lagi. Implikasi teoritis dari penelitian ini berkaitan dengan penguatan penerapan resource-advantage theory of competition dalam studi pemasaran. Ada implikasi manajerial praktis bagi pengusaha UMKM yang ingin meningkatkan Business Performance. Model kenseptual penelitian ini di uji pada sampel UMKM di bidang makanan dan minuman di Kota Semarang.
Keywords : Market orientation, partnership, marketing capabilities, competitive advantage, business performance., Market orientation, partnership, marketing capabilities, competitive advantage, business performance.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: M.Lail Cahya Ulum
Date Deposited: 05 Sep 2023 03:20
Last Modified: 05 Sep 2023 03:20
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13320

Actions (login required)

View Item
View Item