HIDUP SEJAHTERA PASCA PENSIUN : STUDI FENOMENOLOGI PADA PENSIUNAN PERBANKAN

SAKINA, Yasmin and PERDHANA, Mirwan Surya,(2023), HIDUP SEJAHTERA PASCA PENSIUN : STUDI FENOMENOLOGI PADA PENSIUNAN PERBANKAN. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (68kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (85kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (85kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kesejahteraan dalam finansial adalah tujuan dan faktor kunci dari wealth-person dalam mengambil kesempatan dan peluang untuk mengembangkan dan mempertahankan uang. Dan para pensiunan perbankan memiliki bekal literasi keuangan tersendiri yang diperoleh dari pelatihan dan studi kasus selama masa kerja. Di Indonesia, pekerja tetap dijamin dan menerima manfaat pensiunnya melalui dana pensiun lembaga keuangan (atau dikenal dengan DPPK & DPLK). Tidak hanya jaminan, para pensiunan perbankan juga memiliki strategi dan rencana dalam mempersiapkan kekayaan pensiunnya untuk mempersiapkan kehidupan di masa pensiun dengan menggunakan produk investasi, tabungan, dan instrumen lainnya untuk menumbuhkan dan mempertahankan kekayaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap perjalanan dan fenomenologi Pensiunan perbankan mulai dari bekal literasi keuangan yang diperoleh selama bekerja, keputusan investasi menjelang pensiun, strategi mempersiapkan dana pensiun, hambatan dalam mempersiapkan masa pensiun serta aktivitas di masa pensiun. Menggunakan Wawancara Mendalam kepada 12 partisipan pensiunan perbankan di Indonesia mulai dari bank BUMN hingga bank swasta. Temuan dalam penelitian ini adalah ukuran usia persiapan pensiun yaitu ketika rentang usia antara 30-40 tahun dimana usia tersebut merupakan masa dimana para pekerja perbankan mulai mendapatkan promosi, peningkatan pendapatan dan memiliki gaya hidup yang tinggi.
Keywords : Retirement Planning, Bankers Retirement, Wealth Management, well-being, investment and financial literacy, Perencanaan Pensiun, Pensiun perbankan, Wealth Management, kesejahteraan, Investasi dan Literasi Finansial.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yasmin Sakina
Date Deposited: 08 Sep 2023 06:52
Last Modified: 26 Sep 2023 02:35
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13335

Actions (login required)

View Item
View Item