PENGARUH PENGUNGKAPAN ENVIRONMENTAL, SOCIAL, GOVERNANCE (ESG) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2021)

HARTOMO, Hilmy Muhammad and ADIWIBOWO, Agustinus Santosa,(11 August 2023), PENGARUH PENGUNGKAPAN ENVIRONMENTAL, SOCIAL, GOVERNANCE (ESG) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (65kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (106kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (109kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (60kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (200kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dalam menjalankan aktivitas bisnisnya, perusahaan dituntut untuk tidak hanya memperhatikan keuntungan semata, tetapi juga harus memperhatikan dampak yang ditimbulkan dari jalannya aktivitas operasional perusahaan. Salah satu upaya untuk menanggulangi hal tersebut adalah dengan memperhatikan faktor lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pengungkapan Environmental, Social, dan Governance (ESG) terhadap kinerja perusahaan. Pengungkapan skor ESG yang digunakan merupakan nilai gabungan dari tiga faktor, yaitu lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan. Pengukuran kinerja perusahaan dilakukan dengan menggunakan proksi Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), dan Tobin's Q. Penelitian ini juga menggunakan variabel kontrol, di antaranya Asset Turnover (AG) dan Asset Growth (AG). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur di Indonesia yaitu sejumlah 26 perusahaan manufaktur yang telah mengungkapkan skor Environmental, Social, dan Governance pada tahun 2016 – 2021 dengan menggunakan metode purposive sampling dengan data sekunder yang diperoleh dari database Bloomberg. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda data panel serta menggunakan software IBM SPSS Statistics 25. Temuan dari penelitian ini memberikan gambaran, bahwa variabel skor ESG memiliki pengaruh positif terhadap kinerja perusahaan yang pada penelitian ini menggunakan proksi Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), dan Tobin's Q.
Keywords : Company Performance, ESG Score, Return on Assets, Return on Equity, Tobin's Q., Kinerja Perusahaan, ESG Score, Return on Asset, Return on Equity, Tobin's Q.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Hilmy Muhammad Hartomo
Date Deposited: 13 Sep 2023 07:31
Last Modified: 13 Sep 2023 07:37
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13355

Actions (login required)

View Item
View Item