PENGARUH KUALITAS AUDITOR DAN SPESIALISASI AUDITOR TERHADAP KEAKURATAN OPINI AUDIT GOING CONCERN

CHAIRUNNISA, Adhila Najwa and CAHYONOWATI, Nur,(5 September 2023), PENGARUH KUALITAS AUDITOR DAN SPESIALISASI AUDITOR TERHADAP KEAKURATAN OPINI AUDIT GOING CONCERN. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (30kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (25kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (90kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (102kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmark] Text (Fulltext PDF Bookmark)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Resesi ekonomi mengancam kelangsungan hidup perusahaan sehingga investor semakin mengandalkan informasi keuangan yang diberikan oleh auditor. Auditor bertanggung jawab untuk mengungkapkan kelangsungan hidup perusahaan sesuai dengan keadaannya. Berlandaskan kesalahan pelaporan opini going concern tipe 1, penulis melakukan penelitian yang bertujuan untuk memberikan bukti empiris pengaruh kualitas auditor dan spesialisasi auditor terhadap keakuratan opini audit going concern pada perusahaan jasa yang terdaftar di BEI tahun 2017 – 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan jasa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017 – 2021. Dengan menggunakan purposive sampling, menghasilkan 58 perusahaan yang dapat diobervasi, sehingga total selama 5 tahun menjadi sebesar 280 sampel. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya, yaitu variabel dependen (kekakuratan opini audit going concern), variabel independen (kualitas dan spesialisasi auditor), dan variabel kontrol (size, debt default, reportlag, cost reduction, dan KAP Big 10). Variabel ini akan diuji dengan analisis statistik deskriptif dan uji regresi logistik. Temuan dari penelitian ini mengungkapkan bahwa adanya hubungan positif yang signifikan anatara kualitas auditor terhadap keakuratan opini audit going concern. Perusahaan yang diaudit oleh KAP big four menghasilkan opini going concern yang lebih akurat dibanding dengan KAP non-big four. Sedangkan, spesialisasi auditor tidak berpengaruh terhadap keakuratan opini audit going concern.
Keywords : auditor quality, auditor specialization, going concern audit opinion accuracy., kualitas auditor, spesialisasi auditor, keakuratan opini audit going concern.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Adhila Najwa Chairunnisa
Date Deposited: 14 Sep 2023 01:11
Last Modified: 14 Sep 2023 01:11
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13356

Actions (login required)

View Item
View Item