PENGARUH KINERJA KEUANGAN, KESEMPATAN INVESTASI, DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2021)

SETIAWAN, Moehamad Rizki Bagoes and DARSONO, Darsono,(22 August 2023), PENGARUH KINERJA KEUANGAN, KESEMPATAN INVESTASI, DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (209kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (175kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (293kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (192kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (318kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan nilai perusahaan bukan hanya menjadi ukuran keberhasilan perusahaan, tetapi juga dapat menjadi faktor penentu kelangsungan hidup perusahaan di pasar yang semakin kompetitif. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan nilai perusahaan, terutama dalam konteks pengungkapan informasi perusahaan yang semakin kompleks dan bervariasi. Studi yang lebih mendalam tentang pengaruh dan karakteristik pengungkapan informasi perusahaan dapat memberikan wawasan yang berharga bagi perusahaan dalam mengambil keputusan strategis untuk meningkatkan nilai perusahaan dan mempertahankan keunggulan kompetitifnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kinerja keuangan yang terdiri dari likuiditas, rentabilitas, solvabilitas, kesempatan investasi, dan coporate social responsibility terhadap nilai perusahaan. Data dikumpulkan melalui metode dokumentasi dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam rentang waktu 2018-2021 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel terdiri dari 380 perusahaan yang dipilih dari total 717 perusahaan yang ada. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa likuiditas, solvabilitas, kesempatan investasi, dan corporate social responsibility memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan rentabilitas tidak memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap nilai perusahaan.
Keywords : Liquidity, Profitability, Solvency, Investment Opportunities, Corporate Social Responsibility, Tobin's Q., Liquidity, Profitability, Solvency, Investment Opportunities, Corporate Social Responsibility, Tobin's Q.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Moehamad Rizki Bagoes Setiawan
Date Deposited: 15 Sep 2023 01:21
Last Modified: 15 Sep 2023 01:31
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13360

Actions (login required)

View Item
View Item