PERILAKU IMPULSIVE BUYING TERHADAP LIVESTREAM SHOPPING MELALUI S-O-R FRAMEWORK DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Masyarakat Muslim Jawa Tengah)

AFNA, Shofi Balqissafira and MARWINI, Marwini,(5 September 2023), PERILAKU IMPULSIVE BUYING TERHADAP LIVESTREAM SHOPPING MELALUI S-O-R FRAMEWORK DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Masyarakat Muslim Jawa Tengah). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (22kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (70kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (98kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (83kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Download (191kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kemunculan tren yang mudah meluas dengan cepat di kalangan pengguna internet, membuat masyarakat merasa tidak ingin tertinggal dan ingin selalu memenuhi keinginannya untuk mengikuti tren tersebut, inilah yang menjadi cikal bakal perilaku impulsive buying. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor penyebab perilaku impulsive buying terhadap livestream shopping melalui kerangka kerja Stimulus-Organism-Response (S-O-R). Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Populasi penelitian meliputi masyarakat muslim Jawa Tengah yang pernah melakukan pembelian produk dalam livestream shopping dengan sampel sebanyak 220 responden. Alat analisis yang digunakan adalah SmartPLS 3.2.9 menggunakan metode analisis Structural Equation Modelling – Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor stimulus yang meliputi interaksi interpersonal, voucer diskon, dan flash sale berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi kenyamanan livestresam shopping masyarakat muslim Jawa Tengah. Selain itu, faktor stimulus berupa kenyamanan pembelian, kegunaan produk, dan harga produk juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi kegunaan livestream shopping masyarakat muslim Jawa Tengah. Adapun pada variabel yang merupakan organism yaitu persepsi kenyamanan livestream shopping dan persepsi kegunaan livestream shopping, keduanya berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku impulsive buying masyarakat muslim Jawa Tengah yang menjadi response dalam penelitian ini.
Keywords : S-O-R framework, livestream shopping, impulsive buying, Structural Equation Model, kerangka kerja S-O-R, livestream shopping, pembelian impulsif, Structural Equation Model
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Shofi Balqissafira Afna
Date Deposited: 15 Sep 2023 08:36
Last Modified: 15 Sep 2023 08:36
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13364

Actions (login required)

View Item
View Item