PENGARUH INTEGRASI DAN KINERJA RANTAI PASOKAN TERHADAP KEUNGGULAN KOMPETITIF (Studi pada UMKM Olahan Makanan di Kota Salatiga)

SUTORO, Rizki Pradana and HIDAYATI, Retno,(1 September 2023), PENGARUH INTEGRASI DAN KINERJA RANTAI PASOKAN TERHADAP KEUNGGULAN KOMPETITIF (Studi pada UMKM Olahan Makanan di Kota Salatiga). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kota Salatiga telah dinominasikan sebagai Creative City of Gastronomy, UNESCO Creative City Network pada tahun 2021. Tumbuhnya industri skala besar merupakan ancaman bagi UMKM olahan makanan di Kota Salatiga. Ancaman tersebut dapat dihadapi dengan menciptakan keunggulan kompetitif. Melihat kondisi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh integrasi rantai pasokan dan kinerja rantai pasokan terhadap keunggulan kompetitif pada UMKM olahan makanan di Kota Salatiga. Populasi pada penelitian ini adalah pengelola maupun pemilik UMKM olahan makanan di Kota Salatiga. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 150 responden dengan menggunakan teknik probability sampling. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis pada penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan software AMOS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi rantai pasokan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan kompetitif. Hasil penelitian lain yang didapatkan adalah kinerja rantai pasokan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan kompetitif dan kinerja rantai pasokan. Kinerja rantai pasokan juga didapati memiliki pengaruh mediasi yang signifikan terhadap hubungan integrasi rantai pasokan terhadap keunggulan kompetitif pada UMKM olahan makanan di Kota Salatiga.
Keywords : Operations Management, Supply Chain Management, Supply Chain Integration, Supply Chain Performance, Competitive Advantage., Manajemen Operasi, Manajemen Rantai Pasokan, Integrasi Rantai Pasokan, Kinerja Rantai Pasokan, Keunggulan Kompetitif.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Rizki Pradana Sutoro
Date Deposited: 22 Sep 2023 07:01
Last Modified: 22 Sep 2023 07:01
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13397

Actions (login required)

View Item
View Item