SOO, Erica Luciana and HIDAYATI, Retno,(28 May 2019), ANALISIS PENGARUH PERSEPSI NILAI DAN CITRA MERK TERHADAP MINAT BELI GUNA MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA SITUS E-COMMERCE BUKALAPAK. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
Download (2MB)
Download (2MB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Seiring perkembangan teknologi, persaingan bisnis pada situs e-commerce menjadi lebih ketat. Hal ini menyebabkan situs Bukalapak yang pada tahun 2015 berhasil meraih peringkat satu pada situs e-commerce di Indonesia mengalami penurunan peringkat terkait keputusan pembelian. Menurut teori perilaku konsumen, keputusan pembelian disebabkan oleh minat beli yang dimiliki konsumen dan minat beli disebabkan oleh beberapa faktor internal dan eksternal.
Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari persepsi nilai dan citra merk dalam upaya meningkatkan keputusan pembelian pada situs e-commerce Bukalapak. Hubungan antara persepsi nilai dan citra merk terhadap keputusan pembelian merupakan hubungan tidak langsung yang dijembatani oleh variabel mediasi berupa minat beli konsumen.
Penelitian ini dilakukan menggunakan metode survei kepada 150 masyarakat kota Semarang yang pernah melakukan pembelian setidaknya satu kali di Bukalapak dengan mengisi kuesioner yang berisi pernyataan-pernyataan terkait variabel-variabel yang digunakan pada penelitian ini. Data kuantitatif yang telah didapatkan lalu diolah dengan metode SEM (Structural Equation Model) pada AMOS.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dari 3 hipotesis yang diajukan, semua hipotesis berhasil diterima. Persepsi nilai dan citra merk berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian secara tidak langsung atau dimediasi oleh minat beli. Persepsi nilai dan citra merk berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli dan minat beli berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian.
Keywords : | Persepsi nilai, citra merk, minat beli, keputusan pembelian, e-commerce., UNSPECIFIED |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Users 15 not found. |
Date Deposited: | 07 Jan 2020 11:40 |
Last Modified: | 07 Jan 2020 11:40 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/1340 |