PENGARUH AKTIVITAS CSR DALAM DIMENSI LINGKUNGAN, SOSIAL, DAN TATA KELOLA TERHADAP RISIKO FINANCIAL DISTRESS PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014 – 2021)

RACHMASETIA, Putri Adilla and FUAD, Fuad,(20 September 2023), PENGARUH AKTIVITAS CSR DALAM DIMENSI LINGKUNGAN, SOSIAL, DAN TATA KELOLA TERHADAP RISIKO FINANCIAL DISTRESS PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014 – 2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (518kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (495kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (505kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (356kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (555kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas CSR dalam dimensi lingkungan, sosial, dan tata kelola terhadap risiko financial distress perusahaan. Pengujian dilakukan dengan menggunakan variabel CSR dalam dimensi lingkungan, CSR dalam dimensi sosial, dan CSR dalam dimensi tata kelola sebagai variabel independen. Serta financial distress sebagai variabel dependen pada penelitian ini. Sampel yang digunakan adalah perusahaan non keuangan tahun 2014 - 2021 yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia dan Terminal Bloomberg dengan total sebanyak 427 sampel setelah menggunakan purposive sampling dengan kriteria yang telah ditetapkan. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel dikarenakan terdapat jumlah perusahaan beserta tahun observasi yang cukup besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas CSR dalam dimensi lingkungan memberikan pengaruh negatif terhadap risiko financial distress perusahaan. Sedangkan, tidak ditemukan adanya dampak negatif signifikan dari aktivitas CSR dalam dimensi sosial dan CSR dalam dimensi tata kelola terhadap risiko financial distress.
Keywords : Environmental dimension of CSR, Social dimension of CSR, Governance dimension of CSR, financial distress., CSR dalam dimensi lingkungan, CSR dalam dimensi sosial, CSR dalam dimensi tata kelola, financial distress.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Putri Adilla Rachmasetia
Date Deposited: 26 Sep 2023 01:41
Last Modified: 26 Sep 2023 01:47
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13408

Actions (login required)

View Item
View Item