ANALISIS PENGARUH INTEGRASI RANTAI PASOK DAN INOVASI LAYANAN TERHADAP KINERJA BISNIS (Studi Pada UMKM Tempat Makan di Kota Semarang)

SIAHAAN, Noel Jannus and HIDAYATI, Retno,(29 September 2023), ANALISIS PENGARUH INTEGRASI RANTAI PASOK DAN INOVASI LAYANAN TERHADAP KINERJA BISNIS (Studi Pada UMKM Tempat Makan di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja bisnis penting untuk keberlanjutan usaha baik usaha besar dan kecil seiring juga dengan persaingan yang semakin ketat. Hal ini juga mempengaruhi UMKM yang memiliki sumber daya terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh inovasi layanan dan integrasi rantai pasokan terhadap kinerja bisnis pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kota Semarang. Populasi pada penelitian ini adalah UMKM rumah makan di Kota Semarang. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 150 responden dengan menggunakan teknik simple random sampling. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan software AMOS. Hasil penelitian menunjukkan inovasi layanan dan integrasi rantai pasokan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis. Inovasi layanan juga didapati memediasi hubungan integrasi rantai pasokan terhadap kinerja bisnis pada UMKM rumah makan di Kota Semarang.
Keywords : Business Performance, Service Innovation, Supply Chain Management, Supply Chain Integration., Kinerja Bisnis, Inovasi Layanan, Manajemen Rantai Pasokan, Integrasi Rantai Pasokan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Noel Jannus Siahaan
Date Deposited: 02 Oct 2023 08:10
Last Modified: 02 Oct 2023 08:10
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13450

Actions (login required)

View Item
View Item