ANALISIS PENGARUH INTERNAL DAN EXTERNAL CORPORATE GOVERNANCE PERUSAHAAN TERHADAP AUDIT REPORT LAG (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2021)

BUDIARTI, Anggun and ACHMAD, Tarmizi,(29 September 2023), ANALISIS PENGARUH INTERNAL DAN EXTERNAL CORPORATE GOVERNANCE PERUSAHAAN TERHADAP AUDIT REPORT LAG (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah guna menguji hubungan antara mekanisme Corporate Governance baik internal dan ekternal terhadap Audit Report Lag pada perusahaan perbankan yang terdaftar pada BEI pada tahun 2019-2021. Variabel terikat atau dependen yang digunakan dalam penelitian adalah audit report lag. Sedangkan untuk variabel bebas atau independen yang digunakan adalah ukuran komite audit, kompetensi anggota komite audit, jumlah pertemuan komite audit, proporsi komisaris independen, serta spesialisasi industri auditor. Dalam penelitian ini, variabel size dijadikan sebagai variabel kontrol. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder dengan menggunakan metode purposive sampling dalam menentukan sample perusahaan perbankan tahun 2019-2021 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dalam penelitian ini ditentukan 45 perusahaan perbankan dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 135 sampel. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis linear berganda. Sebelum dilakukan analisis linear berganda, peneliti terlebih dahulu melakukan uji asumsi klasik terhadap sampel atau data yang digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel bebas atau independen yakni ukuran komite audit, kompetensi anggota komite audit, proporsi komisaris independen, serta faktor spesialisasi industri auditor tidak memiliki pengaruh negative yang signifikan terhadap audit report lag. Sedangkan variabel jumlah pertemuan komite audit memiliki pengaruh negative yang signifikan audit report lag.
Keywords : audit report lag, audit committee size, audit committee’s expertise, the number of audit committee meeting, independent commissioners’ proportion, auditor industry specialization, size., audit report lag, ukuran komite audit, kompetensi anggota komite audit, jumlah pertemuan komite audit, proporsi komisaris independen, spesialisasi industri auditor, size.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Anggun Budiarti
Date Deposited: 03 Oct 2023 08:32
Last Modified: 03 Oct 2023 08:32
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13463

Actions (login required)

View Item
View Item