PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAJEMEN LABA RIIL (Studi Empiris pada Perusahaan Subsektor Properti dan Real Estat yang Terdaftar di BEI pada Tahun 2019-2021)

RAMADHANI, Risti Kurnia and YUYETTA, Etna Nur Afri,(20 October 2023), PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAJEMEN LABA RIIL (Studi Empiris pada Perusahaan Subsektor Properti dan Real Estat yang Terdaftar di BEI pada Tahun 2019-2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (27kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (198kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (198kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (340kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (439kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Corporate Governance terhadap manajemen laba riil. Penelitian ini menggunakan proporsi komisaris independen, ukuran komite audit, proporsi komite audit dengan keahlian akuntansi dan keuangan, frekuensi rapat komite audit, ukuran dewan direksi, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan kepemilikan asing sebagai variabel independen serta manajemen laba riil sebagai variabel dependen. Populasi penelitian ini yaitu perusahaan subsektor properti dan real restat yang terdaftar di BEI tahun 2019-2021. Sampel ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling dan menghasilkan 43 perusahaan yang lolos kriteria. Hipotesis penelitian diuji menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa proporsi komisaris independen dan ukuran dewan direksi berpengaruh positif terhadap manajemen laba riil sedangkan ukuran komite audit, proporsi komite audit dengan keahlian akuntansi dan keuangan, frekuensi rapat komite audit, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan kepemilikan asing tidak berpengaruh terhadap manajemen laba riil.
Keywords : corporate governance, independent commissioners, audit committee, audit committee with accounting and financial expertise, audit committee meetings, board of directors, managerial ownership, institutional ownership, and foreign ownership, real earnings management., corporate governance, komisaris independen, komite audit, komite audit dengan keahlian akuntansi dan keuangan, rapat komite audit, dewan direksi, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan kepemilikan asing, manajemen laba riil.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Risti Kurnia Ramadhani
Date Deposited: 01 Nov 2023 07:55
Last Modified: 01 Nov 2023 07:55
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13528

Actions (login required)

View Item
View Item