PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di NIKKEI 225 dan Jakarta Composite Index Tahun 2018-2021)

DIANI, Amadea Arum and ARFINTO, Erman Denny,(6 October 2023), PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di NIKKEI 225 dan Jakarta Composite Index Tahun 2018-2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (70kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (101kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (43kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (59kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (117kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari komponen intellectual capital terhadap kinerja keuangan perusahaan yang terdaftar di NIKKEI 225 dan Jakarta Composite Index Tahun 2018-2021. Komponen intellectual capital yang diuji yaitu human capital (HCE), structural capital (SCE), relational capital (RCE), innovation capital (RDE), dan capital employed (CEE). Penelitian ini juga melihat perbedaan pengaruh intellectual capital pada perusahaaan di Jepang dan Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder yang berasal dari laporan keuangan perusahaan yang terdaftar pada NIKKEI 225 dan Jakarta Composite Index (JCI) selama periode 2018-2021. Data yang diperlukan diperoleh dari Bloomberg. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda pada program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa HCE dan RCE memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan, sedangkan SCE, RDE, dan CEE memiliki pengaruh positif pada kinerja keuangan perusahaan. Selain itu, perbedaan pengaruh intellectual capital menyatakan negara Jepang akan memiliki kinerja ROA yang lebih buruk dibandingkan Indonesia.
Keywords : Intellectual capital, Financial Performance, Intellectual Capital, Kinerja Keuangan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Amadea Arum Diani
Date Deposited: 13 Nov 2023 06:07
Last Modified: 13 Nov 2023 06:07
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13550

Actions (login required)

View Item
View Item