RELIABILITAS INFORMASI KEUANGAN PADA UNIT USAHA MIKRO YANG TIDAK MEMILIKI LAPORAN KEUANGAN DALAM PENGAJUAN KREDIT (STUDI KASUS NASABAH UMi BANK RAKYAT INDONESIA UNIT KEBONSARI)

DWI MAHENDRA, Dean and RAHARJA, Surya,(22 September 2023), RELIABILITAS INFORMASI KEUANGAN PADA UNIT USAHA MIKRO YANG TIDAK MEMILIKI LAPORAN KEUANGAN DALAM PENGAJUAN KREDIT (STUDI KASUS NASABAH UMi BANK RAKYAT INDONESIA UNIT KEBONSARI). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (192kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (475kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (375kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (377kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (567kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ukuran reliabilitas informasi keuangan pada unit usaha mikro yang tidak memiliki laporan keuangan. Studi Kasus yang dilakukan di Bank Rakyat Indonesia unit Kebonsari berfokus pada jenis pinjaman Ultra Mikro (UMi) yang BRI sendiri mempunyai peran membantu UMKM dalam memerangi pinjaman bank plecit dengan pinjaman bunga rendah tanpa jaminan bagi UMKM. Penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara terhadap pegawai Bank Rakyat Indonesia khususnya Kepala Unit dan Mantri. Selain dari metode wawancara penelitian ini menggunakan dokumen-dokumen pendukung dalam menjabarkan penelitian ini. Hasil penelitiaan ini menunjukkan Reliabilitas informasi keuangan diverifikasi dengan cara kunjungan langsung dan survey ke nasabah. Hal ini dilakukan karena data yang diberikan nasabah melalui kunjungan dan survey langsung reliabel. Tanpa adanya laporan keuangan, faktor non-finansial menjadi sangat penting dalam pengambilan keputusan kredit. Terutama aspek kepercayaan dan reputasi, sesuai dengan trust theory yang mendasarkan kepercayaan dapat membangun hubungan yang baik antara nasabah dengan pihak bank.
Keywords : Reliability of financial information, financial statements, Micro and medium enterprises (MSMEs), Ultra Micro (UMi), Reliabilitas informasi keuangan, Laporan keuangan, Unit usaha mikro dan menengah (UMKM), Ultra Mikro (UMi)
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Dean Dwi Mahendra
Date Deposited: 30 Nov 2023 01:58
Last Modified: 30 Nov 2023 01:58
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13581

Actions (login required)

View Item
View Item