ANALISIS PENGARUH PEMBERDAYAAN ZAKAT PRODUKTIF TERHADAP PERTUMBUHAN USAHA, PENDAPATAN USAHA DAN KESEJAHTERAAN MUSTAHIK (Studi pada Mustahik BAZNAS Kabupaten Kebumen)

ANDINI, Karunia and FITRIA, Shoimatul,(17 November 2023), ANALISIS PENGARUH PEMBERDAYAAN ZAKAT PRODUKTIF TERHADAP PERTUMBUHAN USAHA, PENDAPATAN USAHA DAN KESEJAHTERAAN MUSTAHIK (Studi pada Mustahik BAZNAS Kabupaten Kebumen). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (55kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (43kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (43kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (70kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (121kB)
[thumbnail of Full PDF Bookmarks] Text (Full PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitan ini dilatarbelakangi karena adanya peningkatan kemiskinan di Kabupaten Kebumen tetapi jumlah pendistribusian zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) mengalami peningkatan. Adapun penelitin ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemberdayan zakat terhadap pertumbuhan usaha, pendapatan usaha, dan kesejahteraan mustahik di Kabupaten Kebumen. Penelitan ini menggunakan populasi mustahik zakat produktif di Kabupaten Kebumen pada tahun 2021-2022. Adapun jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 60 orang dengan teknik slovin sebagai teknik pengambilan sampel. Pengunpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan langsung kepada responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Path Analisis dan diolah menggunakan software IBM SPSS versi 27. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial pemberdayaan zakat produktif berpengaruh positif signifikan terhadap pertumbuhan usaha, pendapatan usaha dan kesejahteraan mustahik di Kabupaten Kebumen. Secara simultan, pemberdayaan zakat pertumbuhan usaha berpengaruh secara positif dan sigifikan terhadap pendapatan usaha, dan kesejahteraan mustahik.
Keywords : Zakat, Empowerment, Growth, Income, Welfare, Zakat, Pemberdayan, Pertumbuhan, Pemberdayaan, Kesejahteraan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Karunia Andini
Date Deposited: 05 Dec 2023 04:10
Last Modified: 05 Dec 2023 04:12
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13590

Actions (login required)

View Item
View Item