RIFDAH, Salsabila Putri and DARWANTO, Darwanto,(23 November 2023), PENGARUH KESADARAN HALAL DAN LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN DAN MINUMAN DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (3MB)
Download (3MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Potensi pasar makanan dan minuman halal yang semakin berkembang beriringan dengan semakin beragamnya makanan dan minuman yang beredar. Namun beberapa diantaranya masih kurang informasi mengenai spesifikasi kehalalan produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran halal dan label halal sebagai variabel independen terhadap keputusan pembelian makanan dan minuman yang merupakan variabel dependen dengan religiusitas sebagai variabel moderasi.
Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini merupakan konsumen muslim yang pernah membeli makanan dan minuman halal di DKI Jakarta. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dan analisis regresi moderasi (MRA). Alat pengujian data menggunakan SPSS Statistics 29.
Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran halal berpengaruh positif dan siginifikan terhadap keputusan pembelian. Label halal tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan religiusitas tidak dapat memperkuat hubungan antara kesadaran halal dan label halal terhadap keputusan pembelian.
Keywords : | Halal Awareness, Halal Label, Religiosity, Buying Decision, Moderating Variable., kesadaran halal, label halal, religiusitas, keputusan pembelian, variabel mode |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Islam |
Depositing User: | Salsabila Putri Rifdah |
Date Deposited: | 06 Dec 2023 07:05 |
Last Modified: | 06 Dec 2023 07:05 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13597 |