PENGARUH KESADARAN HALAL DAN LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN DAN MINUMAN DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI

RIFDAH, Salsabila Putri and DARWANTO, Darwanto,(23 November 2023), PENGARUH KESADARAN HALAL DAN LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN DAN MINUMAN DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Potensi pasar makanan dan minuman halal yang semakin berkembang beriringan dengan semakin beragamnya makanan dan minuman yang beredar. Namun beberapa diantaranya masih kurang informasi mengenai spesifikasi kehalalan produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran halal dan label halal sebagai variabel independen terhadap keputusan pembelian makanan dan minuman yang merupakan variabel dependen dengan religiusitas sebagai variabel moderasi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini merupakan konsumen muslim yang pernah membeli makanan dan minuman halal di DKI Jakarta. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dan analisis regresi moderasi (MRA). Alat pengujian data menggunakan SPSS Statistics 29. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran halal berpengaruh positif dan siginifikan terhadap keputusan pembelian. Label halal tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan religiusitas tidak dapat memperkuat hubungan antara kesadaran halal dan label halal terhadap keputusan pembelian.
Keywords : Halal Awareness, Halal Label, Religiosity, Buying Decision, Moderating Variable., kesadaran halal, label halal, religiusitas, keputusan pembelian, variabel mode
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Salsabila Putri Rifdah
Date Deposited: 06 Dec 2023 07:05
Last Modified: 06 Dec 2023 07:05
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13597

Actions (login required)

View Item
View Item