ANALISIS FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENGGUNAAN BANK DIGITAL SYARIAH PADA GENERASI MILENIAL

SARIFAH, Siti and DARWANTO, Darwanto,(13 November 2023), ANALISIS FAKTOR YANG MEMENGARUHI PENGGUNAAN BANK DIGITAL SYARIAH PADA GENERASI MILENIAL. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (58kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (66kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (91kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (52kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (166kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pemanfaatan berbagai teknologi di bidang layanan keuangan telah membawa perubahan yang signifikan pada industri perbankan. Perubahan pola konsumsi masyarakat ke arah digital mendorong perbankan mengakselerasi proses transformasi menuju perbankan digital. Bank digital syariah merupakan salah satu inovasi yang berpotensi meningkatkan daya saing bank syariah di Indonesia. Bank digital syariah yang melakukan pelayanan secara online dan tanpa cabang menjadi salah satu alasannya. Karena aksesibilitas bank digital syariah bisa menjangkau seluruh wilayah di Indonesia tanpa harus membuka cabang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan bank digital syariah dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) yang dimodifikasi. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang disebar secara online. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 125 responden generasi milenial pengguna bank jago syariah dan bank aladin syariah. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis structural equation model dengan alat analisis SmartPLS 3.2.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived ease of use, self efficacy, dan consumer innovativeness memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan bank digital syariah. Namun, terdapat variabel yang tidak berpengaruh signifikan yaitu perceived usefulness dan subjective norms.
Keywords : Sharia Digital Banking, Technology Acceptance Model, Subjective Norms, Self Efficacy, Consumer Innovativeness, Bank Digital Syariah, Technology Acceptance Model, Subjective Norms, Self Efficacy, Consumer Innovativeness
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Siti Sarifah
Date Deposited: 07 Dec 2023 06:06
Last Modified: 07 Dec 2023 06:06
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13602

Actions (login required)

View Item
View Item