PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019 – 2021)

LINUWIH, Devania Rizky and PARASETYA, Mutiara Tresna,(6 November 2023), PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019 – 2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (653kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (347kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (430kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (452kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (936kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Good Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Fenomena yang terjadi adalah adanya penurunan secara drastis kinerja keuangan pada perusahaan sektor aneka industri dibanding sektor lainnya pada tahun 2020 yang mengakibatkan beberapa perusahaan sektor aneka industri mengalami suspend saham dan penurunan. Good Corporate Governance pada penelitian ini diproksikan pada akuntabilitas dewan komisaris, transparansi dan pengungkapan, dan komite audit. Kinerja keuangan perusahaan pada penelitian ini diukur menggunakan ROE dan Tobin’s q. Sampel yang digunakan adalah perusahaan manufaktur sektor aneka industri pada BEI periode 2019-2021. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan beberapa kriteria, sehingga diperoleh sampel sebanyak 29 perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh pada website www.idx.co.id dan website resmi perusahaan sampel yang diteliti. Hasil uji statistik menyimpulkan bahwa akuntabilitas dewan komisaris memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan yang diukur menggunakan ROE maupun Tobin’s q, sedangkan transparansi dan pengungkapan, dan komite audit tidak memiliki pengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan.
Keywords : Good Corporate Governance, company financial performance, board accountability, transparency and disclosure, and audit committee., Good Corporate Governance, kinerja keuangan perusahaan, akuntabilitas dewan komisaris, transparansi dan pengungkapan, dan komite audit.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Devania Rizky Linuwih
Date Deposited: 13 Dec 2023 07:06
Last Modified: 13 Dec 2023 07:06
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13622

Actions (login required)

View Item
View Item