DAMPAK TATA KELOLA PERUSAHAAN DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP PENGUNGKAPAN COVID-19 DI INDONESIA (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-2021)

RASYID, Ganapati and CAHYONOWATI, Nur,(16 November 2023), DAMPAK TATA KELOLA PERUSAHAAN DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP PENGUNGKAPAN COVID-19 DI INDONESIA (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (41kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (183kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (182kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (360kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (321kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh tata kelola perusahaan dan kualitas audit pada pengungkapan COVID-19. Variabel dependen yang digunakan pada penelitian ini merupakan pengungkapan COVID-19 sedangkan variabel independen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari ukuran dewan komisaris, independensi dewan komisaris, keberagaman jenis kelamin dewan komisaris, ukuran komite audit, independensi komite audit, ukuran KAP, dan jenis opini audit. Populasi penelitian ini terdiri dari seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2020-2021. Metode sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Sampel di penelitian ini berjumlah 1.116. Analisis data dilakukan menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa independensi dewan komisaris dan ukuran komite audit memiliki pengaruh signifikan positif terhadap pengungkapan informasi terkait COVID-19. Sedangkan ukuran dewan komisaris, keberagaman jenis kelamin dewan komisaris, independensi komite audit, ukuran KAP, dan jenis opini audit tidak memiliki dampak signifikan terhadap pengungkapan informasi terkait COVID-19.
Keywords : board size, board independence, board diversity, audit committee size, audit committee independence, audit office size, and audit opinion type., ukuran dewan komisaris, independensi dewan komisaris, keberagaman jenis kelamin dewan komisaris, ukuran komite audit, independensi komite audit, ukuran KAP, dan jenis opini audit.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Ganapati Rasyid
Date Deposited: 13 Dec 2023 08:42
Last Modified: 13 Dec 2023 08:42
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13625

Actions (login required)

View Item
View Item